digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Penetrasi penggunaan smartphone di Indonesia diiringi dengan transformasi digital pada organisasi perpustakaan berpotensi mewujudkan visi pemberdayaan budaya baca di masyarakat. Salah satu fungsi aplikasi perpustakaan digital adalah menyediakan akses koleksi baca kepada pengguna yang memerlukan perhatian mengenai desain interaksinya karena membaca merupakan aktivitas yang membutuhkan kemampuan kognitif serta konsentrasi tinggi yang sangat dipengaruhi oleh emosi pembaca. Salah satu masalah desain interaksi pada perpustakaan digital adalah perasaan bosan pada fitur isi bacaan yang monoton. Tugas akhir ini bertujuan untuk merancang desain interaksi aplikasi mobile perpustakaan digital dengan metodologi user-centered design. Metodologi ini memiliki karakteristik diantaranya adalah pemusatan desain pada kebutuhan pengguna dan iterasi usai evaluasi dilakukan bila hasil belum memenuhi kebutuhan pengguna. Proses desain terdiri atas perencanaan dan riset pengguna, analisis kebutuhan pengguna, implementasi, dan pengujian. Usability goals serta user experience yang harus dicapai pada aplikasi adalah easy to learn, effective to use, enjoyable dan exciting. Fitur unggulan dari perpustakaan digital yang dibangun adalah pengaturan target baca pengguna yang menjawab masalah kemonotonan dalam aktivitas baca. Implementasi dan pengujian prototipe low-fidelity adalah untuk menguji konsep-konsep besar seperti kesesuaian navigasi layar. Prototipe high-fidelity dikembangkan dan diujikan untuk memastikan ketercapaian usability goals dan user experience goals yang telah ditetapkan. Pengujian menggunakan metrik SUS, SEQ, task completion rate, dan IMI subskala interest/enjoyment. Hasil implementasi dan pengujian sebanyak dua iterasi menghasilkan rancangan prototipe yang telah menyelesaikan masalah desain interaksi yang ditemukan. Disimpulkan bahwa rancangan aplikasi perpustakaan digital yang disertai fitur pengaturan target baca diterima sebagai solusi mengatasi masalah kebosanan dalam aktivitas baca.