digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Abdurahman Hidayat
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Abdurahman Hidayat
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Abdurahman Hidayat
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Abdurahman Hidayat
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Abdurahman Hidayat
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Abdurahman Hidayat
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

Pada tahun 2020, pandemi menyebar ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Menyikapi situasi tersebut, pemerintah Indonesia memberlakukan serangkaian pembatasan sosial berskala besar (PSBB), termasuk menutup sebagian besar tempat umum dan mencegah pelanggan film menonton film di bioskop. Hal tersebut membuat Movitix tidak dapat menjual tiket kepada para pelanggan. Pandemi mengubah kebiasaan masyarakat dalam melakukan aktivitas dari offline menjadi online. Namun demikian, meski pada tahun 2021 pemerintah telah mencabut pembatasan sosial dan membuat pelanggan film bioskop kembali ke bioskop, penjualan Movitix belum kembali normal. Penjualan tiket secara offline masih mendominasi penjualan tiket bioskop secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk membuat penonton kembali ke bioskop dengan membeli tiket melalui Movitix dengan fokus pada analisa faktor-faktor yang mempengaruhi pengguna dalam membeli tiket bioskop. Analisa dalam penelitian ini menggunakan beberapa model, termasuk Decision Making Process Model, STP Model, Golden Circle Model, Pricing Strategy Model, dan 5A Marketing Model. Mengacu pada hasil penelitian, Movitix perlu melakukan beberapa inisiatif pemasaran untuk menarik pelanggan menggunakan Movitix. Tidak hanya pemasaran secara online, Movitix perlu memperkuat pemasaran secara offline untuk dapat menarik perhatian pelanggan offline. Dalam hal pembayaran, Movitix perlu membuka metode pembayaran selain Uang untuk melayani pelanggan yang menggunakan metode pembayaran lain. Untuk menyikapi beberapa pihak yang membuat promosi harga tiket offline, Movitix perlu melakukan kerjasama dengan para pihak tersebut untuk dapat juga memberikan promosi online.