Di era informasi ini, menuntut setiap orang untuk memiliki pengetahuan pemasaran. Pengetahuan pemasaran dapat diterapkan untuk setiap bisnis di seluruh dunia. Dalam bisnis B2B, ada istilah strategi pemasaran industri yang merupakan strategi pemasaran serupa, tetapi dapat diterapkan untuk hubungan jangka panjang dengan pelanggan. PT. Unindo Hi-tech Pratama adalah salah satu distributor Hiwin di Indonesia yang menyediakan suku cadang mekanikal dan elektrikal untuk kebutuhan otomasi industri.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab kurangnya awareness terhadap produk elektrik Hiwin di PT. Unindo Hi-tech Pratama. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif. Metode kualitatif digunakan untuk memperoleh data primer dan melakukan observasi dari wawancara dengan pemilik, karyawan, dan pelanggan.
Data yang terkumpul kemudian digunakan untuk membuat analisis internal dan eksternal. Analisis internal digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang kondisi internal PT. Unindo Hi-tech Pratama dengan analisis VRIO dan bauran pemasaran, sedangkan analisis eksternal digunakan untuk mengevaluasi lingkungan industri serta menentukan perilaku pelanggan perusahaan. Selanjutnya, setelah dilakukan analisis eksternal dan internal, peneliti menggunakan akar
permasalahan dan menghasilkan penyebab masalah pada kurangnya promosi yang efektif dan keterbatasan sumber daya dalam meningkatkan kesadaran produk elektrikal Hiwin.
Berdasarkan analisis tersebut, peneliti memaparkan strategi pemasaran industri baru dengan memaksimalkan digital marketing dan meningkatkan manajemen divisi pemasaran dalam rangka meningkatkan awareness terhadap produk elektrikal Hiwin.
Perpustakaan Digital ITB