digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Stasiun MRT Kartini adalah sebuah stasiun layang yang terdiri dari 3 lantai yang dibangun untuk mengakomodasi pergerakan di Kota Jakarta. Tugas akhir ini memiliki tujuan utuk merancang dan menganalisis sistem pondasi dalam yang dapat memikul beban dari struktur. Kondisi tanah pada proyek tinjauan didominasi oleh lapisan lempung dengan tanah keras yang berada pada elevasi cukup rendah. Fondasi dalam yang digunakan adalah tiang bor yang diikat menjadi kelompok tiang oleh pile cap. Diameter tiang bor yang digunakan adalah 1000 mm untuk fondasi stasiun dan 600 mm untuk fondasi jembatan penyeberangan. Analisis fondasi dilakukan secara manual untuk menentukan kapasitas aksial tiang, serta perangkat lunak LPILE dan GROUP secara berturut untuk menentukan kapasitas lateral tiang tunggal dan kapasitas grup tiang. Penurunan pondasi yang ditinjau mencakup penurunan elastik, konsolidasi, dan beda penurunan melalui perhitungan manual. Konfigurasi pile cap yang digunakan adalah 4 tiang dan 6 tiang.