Stasiun MRT Kartini adalah sebuah stasiun layang yang terdiri dari 3 lantai yang
dibangun untuk mengakomodasi pergerakan di Kota Jakarta. Tugas akhir ini
memiliki tujuan utuk merancang dan menganalisis sistem pondasi dalam yang
dapat memikul beban dari struktur.
Kondisi tanah pada proyek tinjauan didominasi oleh lapisan lempung dengan
tanah keras yang berada pada elevasi cukup rendah. Fondasi dalam yang
digunakan adalah tiang bor yang diikat menjadi kelompok tiang oleh pile cap.
Diameter tiang bor yang digunakan adalah 1000 mm untuk fondasi stasiun dan
600 mm untuk fondasi jembatan penyeberangan. Analisis fondasi dilakukan
secara manual untuk menentukan kapasitas aksial tiang, serta perangkat lunak
LPILE dan GROUP secara berturut untuk menentukan kapasitas lateral tiang
tunggal dan kapasitas grup tiang. Penurunan pondasi yang ditinjau mencakup
penurunan elastik, konsolidasi, dan beda penurunan melalui perhitungan manual.
Konfigurasi pile cap yang digunakan adalah 4 tiang dan 6 tiang.
Perpustakaan Digital ITB