digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Siti Nurhaliza
PUBLIC Alice Diniarti

Jalan Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) merupakan bagian dari Jakarta Outer Ring Road (JORR) III. Tujuan pembangunan jalan tol lingkar luar khususnya Tol BORR yaitu untuk memisahkan lalu lintas di dalam Kota Bogor dan lalu lintas yang hanya melewati Kota Bogor. Jalan Tol BORR terbagi menjadi tiga seksi yang menghubungkan Sentul Selatan hingga Simpang Salabenda. Saat ini, sedang direncanakan pembangunan Jalan Tol BORR Seksi IIIB, yang terbentang dari Simpang Semplak hingga Simpang Salabenda. Sebagian Jalan Tol BORR Seksi IIIB akan dibangun sebagai jalan layang di atas jalan eksisting yaitu Jalan KH Soleh Iskandar. Tugas akhir ini membahas perancangan geoteknik Jalan Tol BORR Seksi IIIB yang terdiri dari perancangan fondasi dan timbunan. Perancangan timbunan preloading diaplikasikan dalam bentuk timbunan pasir dengan ketinggian penimbunan sesuai dengan daerah penimbunan. Preloading akan meningkatkan kekuatan tanah (strength gain) dengan mengaplikasikan beban dan mengkonsolidasikan tanah pada lokasi proyek. Timbunan dilakukan secara bertahap dan dianalisis stabilitas lereng timbunan dengan perangkat lunak PLAXIS 2D. Pengaplikasian prefabricated vertical drain juga dilakukan untuk mempercepat waktu konsolidasi tanah pada jalan segmen non-layang. Perancangan desain fondasi bertujuan sebagai struktur yang dapat menahan beban – beban struktur di atasnya. Analisis desain fondasi dilakukan secara manual yang meliputi daya dukung tiang tunggal, grup tiang, dan dibuat modelnya dengan perangkat lunak PLAXIS 3D untuk dilihat besar penurunan (settlement) yang terjadi. Jenis fondasi yang digunakan yaitu fondasi dalam tiang bor yang didesain pada setiap pilar dengan panjang tiang yang bervariasi yaitu 32 m, 34 m, dan 36 m.