Jalan Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) merupakan bagian dari Jakarta Outer
Ring Road (JORR) III. Tujuan pembangunan jalan tol lingkar luar khususnya Tol
BORR yaitu untuk memisahkan lalu lintas di dalam Kota Bogor dan lalu lintas yang
hanya melewati Kota Bogor. Jalan Tol BORR terbagi menjadi tiga seksi yang
menghubungkan Sentul Selatan hingga Simpang Salabenda. Saat ini, sedang
direncanakan pembangunan Jalan Tol BORR Seksi IIIB, yang terbentang dari
Simpang Semplak hingga Simpang Salabenda. Sebagian Jalan Tol BORR Seksi
IIIB akan dibangun sebagai jalan layang di atas jalan eksisting yaitu Jalan KH Soleh
Iskandar.
Tugas akhir ini membahas perancangan geoteknik Jalan Tol BORR Seksi IIIB yang
terdiri dari perancangan fondasi dan timbunan. Perancangan timbunan preloading
diaplikasikan dalam bentuk timbunan pasir dengan ketinggian penimbunan sesuai
dengan daerah penimbunan. Preloading akan meningkatkan kekuatan tanah
(strength gain) dengan mengaplikasikan beban dan mengkonsolidasikan tanah pada
lokasi proyek. Timbunan dilakukan secara bertahap dan dianalisis stabilitas lereng
timbunan dengan perangkat lunak PLAXIS 2D. Pengaplikasian prefabricated
vertical drain juga dilakukan untuk mempercepat waktu konsolidasi tanah pada
jalan segmen non-layang.
Perancangan desain fondasi bertujuan sebagai struktur yang dapat menahan beban
– beban struktur di atasnya. Analisis desain fondasi dilakukan secara manual yang
meliputi daya dukung tiang tunggal, grup tiang, dan dibuat modelnya dengan
perangkat lunak PLAXIS 3D untuk dilihat besar penurunan (settlement) yang terjadi. Jenis fondasi yang digunakan yaitu fondasi dalam tiang bor yang didesain
pada setiap pilar dengan panjang tiang yang bervariasi yaitu 32 m, 34 m, dan 36 m.