digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak - Andrew Bob Bryan Karo-karo
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variasi ketebalan (1 m, 2 m, dan 3 m) dan kepadatan (Kelas 15, 22, dan 39) Geofoam Expanded Polystyrene (EPS) terhadap penurunan dan distribusi tegangan pada timbunan jalan yang dibangun di atas tanah clayshale problematik. Analisis dilakukan melalui simulasi numerik metode elemen hingga menggunakan perangkat lunak PLAXIS 2D pada kondisi plane strain, dengan geometri model diadaptasi dari desain Proyek Jalan Tol Cisumdawu (STA 40+300). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketebalan merupakan faktor dominan dalam mereduksi tegangan pada tanah dasar, sementara kepadatan berpengaruh signifikan terhadap penurunan di permukaan. Berdasarkan analisis, direkomendasikan kombinasi paling optimal yaitu penggunaan Geofoam EPS Kelas 39 dengan ketebalan 2 meter. Kombinasi ini memberikan keseimbangan terbaik antara reduksi tegangan vertikal maksimal (41,7%) untuk stabilitas tanah dasar dan reduksi penurunan permukaan yang signifikan (29,03%) untuk kinerja layanan jalan.