Jalan Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) merupakan bagian dari Jakarta Outer
Ring Road (JORR) III. Tujuan pembangunan jalan tol lingkar luar khususnya Tol
BORR yaitu untuk memisahkan lalu lintas di dalam kota dan lalu lintas yang hanya
melewati kota. Jalan Tol BORR terbagi menjadi tiga seksi yang menghubungkan
Sentul Selatan hingga Simpang Semplak. Saat ini, sedang direncanakan
pembangunan Jalan Tol BORR Seksi IIIB, yang terbentang dari Simpang Semplak
hingga Simpang Salabenda. Sebagian Jalan Tol BORR Seksi IIIB akan dibangun
sebagai jalan layang di atas jalan eksisting yaitu Jalan KH Soleh Iskandar.
Tugas akhir ini membahas perancangan struktur Jalan Layang Tol BORR Seksi
IIIB yang terdiri dari perancangan gelagar dan pilar. Ketentuan-ketentuan struktur
jalan layang mengacu pada RSNI t-12-2004, AASHTO LRFD Bridge Design
Specification, SNI 1725-2016, dan SNI 2847-2019. Gelagar dari jalan layang
dirancang dengan tipe struktur beton prategang box girder menggunakan external
prestressing tendon. Gelagar tersebut akan menumpu pada pilar majemuk berupa
dua buah kolom beton non-prategang dengan penampang berongga yang
dihubungkan dengan balok pier head. Balok pier head dirancang menggunakan
internal prestressing tendon. Struktur gelagar dan balok pier head didesain untuk
memenuhi desain serviceability berupa syarat tegangan dan lendutan serta desain
ultimit berupa perencanaan lentur, geser, dan torsi. Struktur tahan gempa,
khususnya pilar didesain sesuai dengan SNI 2833-2016 dan AASHTO LRFD
Seismic Bridge Design.
Perpustakaan Digital ITB