COVER Suryandri Dwi Kusuma
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 1 Suryandri Dwi Kusuma
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 Suryandri Dwi Kusuma
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 Suryandri Dwi Kusuma
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 Suryandri Dwi Kusuma
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 Suryandri Dwi Kusuma
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 6 Suryandri Dwi Kusuma
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA Suryandri Dwi Kusuma
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Dalam penelitian ini, penulis melakukan perencanaan tendon prategang dari Jalan
Layang Non-Tol Antasari-Blok M dengan metode konstruksi span by span
pracetak sebagai salah satu alternatif metode yang dapat digunakan dalam proses
pembangunan jembatan. Perencanaan tendon yang dilakukan meliputi jumlah
strand prategang dan layout dari kabel tendon tersebut. Perencanaan ditujukan
agar jembatan memiliki performance yang baik saat masa konstruksi dan masa
layannya. Performance yang baik tersebut ditunjukkan dengan nilai tegangan
penampang yang memenuhi syarat batas tegangan izin. Setelah itu dilakukan
perbandingan mengenai jumlah strand prategang hasil pemodelan dari berbagai
penerapan metode konstruksi.
Jembatan yang didesain terdiri dari lima bentang yang panjang setiap bentangnya
adalah 40 meter. Jembatan terdiri atas box girder beton pracetak segmental
dengan fc’ sebesar 40MPa. Jembatan dibangun di lingkungan dengan tingkat
kelembapan udara (RH) sebesar 75%. Pemodelan struktur jembatan dilakukan
pada program komputer yaitu Midas Civil 2011. Midas Civil 2011 mampu
menghitung secara otomatis pengaruh yang ditimbulkan dari efek creep dan
shrinkage pada struktur beton, serta time dependent loss pada kabel prategang.
Hal tersebut menjadikan perencanaan dari tendon prategang lebih presisi.