Persaingan bisnis yang semakin ketat, juga dengan banyaknya jumlah pelajar di Indonesi serta tren pembelajaran online di masa pandemi, tentunya membuka peluang bagi perusahaan pendidikan untuk mengembangkan pasar produknya. Ruangguru, sebuah perusahaan startup pendidikan, memilih TREASURE menjadi Duta Belajar Ruangguru sebagai bagian dari strategi pemasaran perusahaan untuk menjangkau khalayak yang lebih luas. Menggunakan pendekatan metode campuran untuk memahami lebih dalam masalah dan ditarik kesimpulannya melalui analisis statistik, metode PLS-SEM, penelitian ini menemukan bahwa sekitar setengah dari siswa mengetahui bahwa TREASURE adalah duta merek Ruangguru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai apakah keputusan yang diambil Ruangguru tepat dalam memilih TREASURE sebagai duta merek, serta apakah TREASURE sebagai duta merek Ruangguru mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel duta merek dan citra merek keduanya berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, sedangkan kesadaran merek tidak berpengaruh signifikan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pembaca, penelitian selanjutnya, dan pengelola platform pendidikan online untuk mengembangkan strategi pemasaran mereka.
Perpustakaan Digital ITB