Article Details

USULAN INISIATIF PEMASARAN STRATEGIS UNTUK KONSULTAN PENDIDIKAN LUAR NEGERI DI INDONESIA (STUDI KASUS: YES STUDY INDONESIA)

Oleh   Allegra Putri Kartika [29320438]
Kontributor / Dosen Pembimbing : Satya Aditya Wibowo, MBA;
Jenis Koleksi : S2 - Tesis
Penerbit : SBM - Administrasi Bisnis
Fakultas :
Subjek :
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Studi di Luar Negeri, Konsultan Pendidikan Luar Negeri, Bauran Pemasaran Bidang Jasa.
Sumber :
Staf Input/Edit : Roosalina Vanina Viyazza  
File : 0 file
Tanggal Input : 24 Jun 2022

Tidak ada file


Yes Study Education Group adalah konsultan pendidikan luar negeri yang didirikan oleh alumni internasional pada tahun 2016 dan berkantor pusat di Toronto, Kanada. Yes Study memiliki cabang dan konsultan berpengalaman di berbagai negara seperti Vietnam, Thailand, Filipina, Indonesia, dan Amerika Latin untuk menangani mahasiswa internasional di belahan dunia yang lebih luas. Untuk tujuan tugas akhir ini, penelitian dari studi ini dimaksudkan untuk membantu Yes Study di Indonesia secara khusus dengan mengembangkan strategi pemasaran terbaik untuk meningkatkan penjualannya yang terutama dihitung dari jumlah pendaftaran siswa per tahun. Untuk mengusulkan inisiatif pemasaran strategis yang paling sesuai untuk Yes Study Indonesia, penulis memulai dengan menganalisis lingkungan eksternal (menggunakan PESTEL, Porter's Five Forces, Analisis Pesaing, dan Analisis Pelanggan) dan lingkungan internal bisnis itu sendiri (menggunakan analisis STP, Bauran Pemasaran Bidang Jasa, dan Analisis Sumber Daya dengan kerangka kerja VRIO). Analisis SWOT kemudian digunakan untuk meringkas analisis internal dan eksternal dan menentukan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman bagi perusahaan. Metode penelitian kuantitatif dilakukan dengan 163 responden kuesioner survei untuk dianalisis untuk memahami sudut pandang pelanggan potensial terhadap studi di luar negeri dan penggunaan lembaga pendidikan luar negeri. Sementara itu, wawancara mendalam dengan manajemen, staf, mantan siswa dan orang tua dilakukan sebagai metodologi penelitian kualitatif. Strategi pemasaran yang dirumuskan akan dibangun berdasarkan matriks SWOT dan menggunakan matriks Ansoff untuk memandu strategi perkembangan perusahaan. Strategi pemasaran yang diusulkan untuk Yes Study Indonesia mencakup peningkatan STP (segmentasi, penargetan dan penentuan posisi) dan Bauran Pemasaran Bidang Jasa (7 Ps).