digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Nineball adalah grup musik Indonesia yang didirikan di kota Bandung. Mereka telah mengalami kesuksesan sejak perilisan album pertama mereka pada tahun 2007, namun mereka mengalami kesulitan dengan penurunan penjualan dalam beberapa tahun terakhir. Para anggota band menyatakan bahwa manajemen yang kurang baik, terutama yang berkaitan dengan inisiatif pemasaran merupakan penyebab utama yang membuat mereka menjadi kurang kompetitif. Untuk meningkatkan kinerja bisnis Nineball, penelitian ini menyarankan rencana pemasaran. Analisis SWOT, matriks TOWS, dan kerangka Bauran Pemasaran 4P adalah beberapa di antara berbagai teknik dan kerangka analisis strategis yang digunakan dalam penelitian ini untuk membantu merumuskan strategi. Pendekatan studi ini berfokus pada analisis konsumen, dan mengumpulkan data dari survei, wawancara, serta sumber sekunder. Untuk mengidentifikasi peluang dan ancaman yang dihadapi Nineball, penelitian ini juga mencakup analisis eksternal yang mempertimbangkan aspek politik, hukum, ekonomi, demografi, sosial budaya, teknologi, global, dan lingkungan fisik. Analisis industri dilakukan dengan menggunakan kerangka Lima Kekuatan Porter. Untuk mendapatkan pemahaman lebih dalam tentang lingkungan kompetitif, penelitian ini juga melakukan analisis pesaing dan internal untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan dari Nineball. Temuan menunjukkan bahwa Nineball memiliki tantangan seperti hambatan masuk yang rendah dan persaingan yang ketat, sekaligus mendapatkan manfaat dari keunggulan seperti reputasi merek yang kuat dan iklim ekonomi yang mendukung. Untuk mengatasi kesulitan dan memanfaatkan prospek semaksimal mungkin, penelitian ini menyarankan untuk menyasar segmen peminat muda dan mapan, dan mengambil posisi strategis dengan menyelaraskan kemampuan Nineball dengan keinginan mereka. Studi ini memberikan strategi untuk memanfaatkan pengaruh pengguna media sosial untuk mempromosikan citra positif Nineball, dan melakukan inisiatif diferensiasi produk untuk mengatasi persaingan yang ketat. Studi ini diakhiri dengan mengusulkan strategi pemasaran dan rencana implementasi untuk secara efektif mengatasi masalah yang dihadapi oleh Nineball dan memanfaatkan potensi yang tersedia.