digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Ika Vicky Zakiyyah
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

PT Teknologi Internasional (selanjutnya disebut PT LTI) merupakan sebuah start-up jasa angkutan barang atau logistik yang menyediakan layanan pemesanan kendaraan multimoda on-demand dan sistem manajemen logistik terintegrasi secara online melalui skema e- marketplace. PT LTI berperan dalam menghubungkan antara penyedia jasa angkutan (transporter) dengan pelanggan yang akan melakukan pengiriman barang (shipper). Semenjak awal berdiri hingga saat ini, PT LTI memiliki profit yang rendah. Berdasarkan studi pendahuluan, wawancara dengan pemangku kepentingan PT LTI, dan juga observasi langsung pada perusahaan, diketahui bahwa pelanggan tidak sadar akan merek PT LTI. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang strategi pemasaran dengan melakukan penelitian pasar yang mendalam untuk mengidentifikasi tingkat kesadaran merek dan persepsi pelanggan terhadap produk serta layanan. Penelitian ini terdiri dari tiga tahapan besar. Tahapan pertama adalah mengidentifikasi dan mengevaluasi kesempatan yang dimiliki PT LTI melalui penyebaran kuesioner brand assesment tools kepada pihak internal dan eksternal PT LTI. Tahapan kedua ialah menganalisis segmen pasar dan memilih target pasar menggunakan metode analisis kluster. Sebelum masuk ke tahapan tiga, dilakukan terlebih dahulu evaluasi strategi bauran pemasaran yang akan digunakan. Kemudian, masuk kepada tahapan untuk merencanakan dan menerapkan bauran pemasaran sebagai usulan perancangan strategi pemasaran untuk meningkatan kesadaran merek PT LTI. Analisis segmentasi pasar menghasilkan tiga segmen potensial, dengan memilih pelanggan benefit seeker sebagai segmen target utama. Pemangku kepentingan menginginkan agar pelanggan benefit seeker dapat menjadi pelanggan loyal purchaser. Perancangan strategi pemasaran kemudian dilakukan agar PT LTI dapat dikenali dan diingat oleh pelanggan. Rancangan strategi pemasaran yang diusulkan ialah online advertising pada search engine google, Word of Mouth marketing (WoM) dengan melakukan kampanye pemasaran User Generated Contenct (UGC), menetapkan posisi merek PT LTI sebagai perusahaan logistik yang memiliki berbagai layanan kendaraan dengan jangkauan luas, menambahkan fitur “checking points” dalam pengiriman, dan membangun kemitraan strategis.