ABSTRAK Ika Vicky Zakiyyah
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
PT Teknologi Internasional (selanjutnya disebut PT LTI) merupakan sebuah start-up jasa
angkutan barang atau logistik yang menyediakan layanan pemesanan kendaraan multimoda
on-demand dan sistem manajemen logistik terintegrasi secara online melalui skema e-
marketplace. PT LTI berperan dalam menghubungkan antara penyedia jasa angkutan
(transporter) dengan pelanggan yang akan melakukan pengiriman barang (shipper).
Semenjak awal berdiri hingga saat ini, PT LTI memiliki profit yang rendah. Berdasarkan
studi pendahuluan, wawancara dengan pemangku kepentingan PT LTI, dan juga observasi
langsung pada perusahaan, diketahui bahwa pelanggan tidak sadar akan merek PT LTI.
Tujuan dari penelitian ini adalah merancang strategi pemasaran dengan melakukan
penelitian pasar yang mendalam untuk mengidentifikasi tingkat kesadaran merek dan
persepsi pelanggan terhadap produk serta layanan.
Penelitian ini terdiri dari tiga tahapan besar. Tahapan pertama adalah mengidentifikasi dan
mengevaluasi kesempatan yang dimiliki PT LTI melalui penyebaran kuesioner brand
assesment tools kepada pihak internal dan eksternal PT LTI. Tahapan kedua ialah
menganalisis segmen pasar dan memilih target pasar menggunakan metode analisis kluster.
Sebelum masuk ke tahapan tiga, dilakukan terlebih dahulu evaluasi strategi bauran
pemasaran yang akan digunakan. Kemudian, masuk kepada tahapan untuk merencanakan
dan menerapkan bauran pemasaran sebagai usulan perancangan strategi pemasaran untuk
meningkatan kesadaran merek PT LTI.
Analisis segmentasi pasar menghasilkan tiga segmen potensial, dengan memilih pelanggan
benefit seeker sebagai segmen target utama. Pemangku kepentingan menginginkan agar
pelanggan benefit seeker dapat menjadi pelanggan loyal purchaser. Perancangan strategi
pemasaran kemudian dilakukan agar PT LTI dapat dikenali dan diingat oleh pelanggan.
Rancangan strategi pemasaran yang diusulkan ialah online advertising pada search engine
google, Word of Mouth marketing (WoM) dengan melakukan kampanye pemasaran User
Generated Contenct (UGC), menetapkan posisi merek PT LTI sebagai perusahaan logistik
yang memiliki berbagai layanan kendaraan dengan jangkauan luas, menambahkan fitur
“checking points” dalam pengiriman, dan membangun kemitraan strategis.