Industri tekstil di Indonesia terus berkembang dengan pesat, dipengaruhi oleh tren fashion, perubahan gaya hidup, kesadaran akan kualitas produk, dan pengaruh media sosial. Dalam persaingan sengit di industri ini, perusahaan-perusahaan berusaha memenangkan pangsa pasar dengan berbagai strategi pemasaran, salah satunya adalah melalui iklan online.
Iklan online telah menjadi elemen kunci dalam strategi pemasaran industri tekstil di Indonesia yang dinamis ini. Dalam lingkungan yang kompetitif, perusahaan seperti Lo Textile Bandung, salah satu pemain di ritel tekstil Indonesia, menghadapi tantangan untuk mempertahankan dan meningkatkan penjualan. Salah satu strategi yang digunakan oleh Lo Textile Bandung untuk mencapai pertumbuhan penjualan adalah dengan iklan online, khususnya iklan pencarian kata kunci. Untuk mencapai target penjualan yang diinginkan, Lo Textile Bandung memerlukan model prediksi iklan online yang dapat membantu dalam memproyeksikan penjualan dan mengidentifikasi variabel yang krusial untuk mencapai target tersebut.
Penelitian ini memanfaatkan data historis dari iklan Lo Textile Bandung di platform online marketplace Shopee untuk mengembangkan sebuah model prediksi menggunakan metode Regresi Linear Berganda. Regresi Linear Berganda adalah metode statistik yang digunakan untuk menganalisis hubungan antara dua atau lebih variabel independen (prediktor) dengan satu variabel dependen untuk memprediksi hasil yang akan datang.
Untuk membangun model prediktif iklan online, penulis melakukan empat tahapan yaitu pengumpulan data, pre-processing data, pengembangan model dan melakukan evaluasi terhadap hasil model. Proses pemodelan iklan online menggunakan Regresi Linear Berganda dibantu dengan aplikasi Orange, sebuah aplikasi open-source visualisasi data, machine learning, dan data-mining. Dengan aplikasi ini proses kalkulasi seperti gradient descent dilakukan secara otomatis. Model ini memungkinkan analisis korelasi antara variabel seperti Impresi, Rasio Klik Tayang, Rasio Konversi dan Omzet Penjualan.
Hasil pengembangan model prediksi ini digunakan untuk memproyeksikan konversi penjualan dan merekomendasikan kata kunci dengan kinerja konversi yang baik. Kata kunci seperti “diamond premium”, “wollycrepe caltri”, dan “toyobo deluxe” merupakan beberapa kata kunci teratas yang direkomendasikan untuk ditingkatkan budget iklannya.