COVER Margaretha Juliana Sitanggang
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 1 Margaretha Juliana Sitanggang
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 Margaretha Juliana Sitanggang
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 Margaretha Juliana Sitanggang
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 Margaretha Juliana Sitanggang
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 Margaretha Juliana Sitanggang
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA Margaretha Juliana Sitanggang
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Lokasi Bandara Kualanamu yang strategis untuk dijadikan bandara hub transit
internasional di Indonesia bagian barat. Hal ini menyebabkan kebutuhan
pergerakan diproyeksikan akan terus meningkat sehingga diperlukan analisis
kebutuhan pengembangan untuk meningkatkan kapasitas sisi udara agar dapat
melayani pergerakan pesawat.
Perancangan dimulai dengan pengumpulan data historis dan kondisi eksisting
fasilitas sisi udara. Pergerakan penumpang dan pesawat diproyeksikan dengan
metode regresi multilinear untuk tahun 2025-2045. Perancangan fasilitas sisi udara
mengacu pada standar yang ditetapkan oleh FAA, ICAO, dan Kementerian
Perhubungan. Aspek fasilitas sisi udara yang dirancang meliputi geometri,
perkerasan, marka, perlampuan, dan rambu. Perangkat lunak yang digunakan antara
lain FAARFIELD untuk perancangan struktur perkerasan dan COMFAA untuk
mengevaluasi kekuatan struktur perkerasan.
Berdasarkan hasil pengolahan data dan analisis, pengembangan fasilitas sisi udara
diperlukan yaitu penambahan panjang runway dan penambahan taxiway yang
beroperasi pada tahun 2025 serta penambahan apron dan rapid exit taxiway yang
beroperasi pada tahun 2035. Struktur perkerasan lentur dirancang pada
perpanjangan runway dengan kode PCN 90/F/B/X/T. Struktur perkerasan kaku
dirancang pada penambahan taxiway dengan kode PCN 112/R/B/W/T, serta pada
penambahan apron dan rapid exit taxiway dengan kode PCN 107/R/B/W/T.
Perpustakaan Digital ITB