Suatu kota tentu mempunyai objek wisata yang memesona, namun tidak semua diketahui oleh
masyarakat luas. Seiring perkembangan teknologi yang pesat ditambah adanya perubahan
kebiasaan di masa pandemi Covid-19 mengharuskan aktivitas banyak dilakukan dari rumah. Hal
ini menjadikan game salah satu aktivitas hiburan yang mudah diakses. Selain itu, game tentu dapat
menjadi media penyampai informasi dan pengetahuan bagi penggunanya. Dapat diketahui bahwa
selain melalui website, iklan, brosur atau media lain, game dapat menjadi salah satu media
pengenalan objek wisata. Penelitian ini bertujuan untuk merancang mobile game petualangan
sebagai media pengenalan objek wisata Kota Bontang yang informatif dan menarik. Petualangan
disini dimaksudkan bahwa pemain diajak untuk mengeksplorasi lokasi wisata dengan
mengumpulkan barang-barang yang telah ditentukan dan secara tidak langsung merupakan
kegiatan wisata peduli lingkungan. Adapun penelitian ini dilakukan secara kualitatif dan dengan
metode design thinking yang tahapannya mencakup emphatize, define, ideate, prototype, dan
test. Perancangan adventure game ini tentang potensi wisata bahari Mangrove Edu Park dan Sungai
Kanibungan Kota Bontang dengan konsep yang tidak hanya sebagai hiburan namun dapat memberikan
wawasan yang informatif dengan pengalaman yang lebih immersive, sehingga pemain seolah-olah
mendapatkan pengalaman menjelajahi wisata tersebut.
Hasil perancangan ini berupa mobile game bertemakan petualangan wisata khususnya
mengangkat potensi wisata jenis wisata bahari (marine tourism) yang ada di Kota Bontang.
Namun dalam penelitian ini difokuskan pada objek wisata Mangrove Edu Park dan Sungai
Kanibungan. Game ini bergenre adventure dengan menyuguhkan kekhasan objek wisatanya
yang menyatu dalam gameplay. Di dalamnya tidak hanya melibatkan representasi wisata alam
namun ada juga ikonik cinderamata, flora, dan fauna serta ulasan singkat sebagai informasi
sehingga game menjadi lebih menarik dan informatif guna memperkenalkan objek wisata
bersangkutan dan tidak mengabaikan unsur hiburan. Hasil uji coba pada pengguna menunjukan
bahwa produk dapat mengedukasi dan menambah pengetahuan pengguna tentang objek wisata
Kota Bontang. Selain itu, produk dapat menjadi media alternatif bermain di rumah sebelum
nantinya situasi kembali normal dan terjadi ledakan wisata.