digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2022 TS PP MASNIAH 1.pdf?
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos

Suatu kota tentu mempunyai objek wisata yang memesona, namun tidak semua diketahui oleh masyarakat luas. Seiring perkembangan teknologi yang pesat ditambah adanya perubahan kebiasaan di masa pandemi Covid-19 mengharuskan aktivitas banyak dilakukan dari rumah. Hal ini menjadikan game salah satu aktivitas hiburan yang mudah diakses. Selain itu, game tentu dapat menjadi media penyampai informasi dan pengetahuan bagi penggunanya. Dapat diketahui bahwa selain melalui website, iklan, brosur atau media lain, game dapat menjadi salah satu media pengenalan objek wisata. Penelitian ini bertujuan untuk merancang mobile game petualangan sebagai media pengenalan objek wisata Kota Bontang yang informatif dan menarik. Petualangan disini dimaksudkan bahwa pemain diajak untuk mengeksplorasi lokasi wisata dengan mengumpulkan barang-barang yang telah ditentukan dan secara tidak langsung merupakan kegiatan wisata peduli lingkungan. Adapun penelitian ini dilakukan secara kualitatif dan dengan metode design thinking yang tahapannya mencakup emphatize, define, ideate, prototype, dan test. Perancangan adventure game ini tentang potensi wisata bahari Mangrove Edu Park dan Sungai Kanibungan Kota Bontang dengan konsep yang tidak hanya sebagai hiburan namun dapat memberikan wawasan yang informatif dengan pengalaman yang lebih immersive, sehingga pemain seolah-olah mendapatkan pengalaman menjelajahi wisata tersebut. Hasil perancangan ini berupa mobile game bertemakan petualangan wisata khususnya mengangkat potensi wisata jenis wisata bahari (marine tourism) yang ada di Kota Bontang. Namun dalam penelitian ini difokuskan pada objek wisata Mangrove Edu Park dan Sungai Kanibungan. Game ini bergenre adventure dengan menyuguhkan kekhasan objek wisatanya yang menyatu dalam gameplay. Di dalamnya tidak hanya melibatkan representasi wisata alam namun ada juga ikonik cinderamata, flora, dan fauna serta ulasan singkat sebagai informasi sehingga game menjadi lebih menarik dan informatif guna memperkenalkan objek wisata bersangkutan dan tidak mengabaikan unsur hiburan. Hasil uji coba pada pengguna menunjukan bahwa produk dapat mengedukasi dan menambah pengetahuan pengguna tentang objek wisata Kota Bontang. Selain itu, produk dapat menjadi media alternatif bermain di rumah sebelum nantinya situasi kembali normal dan terjadi ledakan wisata.