Nyuknyang Tayami merupakan unit bisnis yang bergerak di bidang restoran dan berlokasi di Kemang Raya, Jakarta Selatan. Nyuknyang Tayami sebagai unit bisnis yang masih baru berdiri telah mampu menarik antusiasme pasar yang positif, akantetapi masih memiliki kekurangan yang perlu ditingkatkan. Adapun kekurangan tersebut adalah belum dikenalnya brand Nyuknyang Tayami dan masakan tradisional Makasar Nyuknyang dan pilihan menu yang masih sedikit. Industri restoran yang sangat kompetitif tentunya dapat menjadi ancaman keberadaan bagi Nyuknyang Tayami kedepannya untuk itu diperlukan strategi yang efektif sebagai usahanya untuk meningkatkan kinerja penjualan Nyuknyang Tayami. Penelitian ini dilakukan sebagai usahanya untuk mengusulkan strategi pemasaran dengan menganalisis lingkungan internal dan eksternal melalui perumusan strategi analisis SWOT. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan wawancara dengan pemilik, staf dan konsumen Nyuknyang Tayami. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi jangka pendek yang perlu dilakukan adalah fokus pada strategi ST yang dipadukan dengan strategi WT. Strategi SO dan WO merupakan strategi pendukung keberhasilan strategi ST dan WT sehingga strategi ini merupakan strategi jangka menengah dan panjang sebagai upaya untuk meningkatkan kinerja penjualan nyuknyang tayami.
Perpustakaan Digital ITB