Article Details

PERANCANGAN STRUKTUR DERMAGA KARGO TIPE DECK ON PILE DI KABUPATEN KETAPANG, KALIMANTAN BARAT

Oleh   Sulthan Imaduddin Widiaputra [15517030]
Kontributor / Dosen Pembimbing : Ir. Sri Murti Adiyastuti, M.Sc., Ph.D.;Eddy Rachman Gandanegara, S.T., M.T.;Izqi Yustina Ammylia Yusuf, S.T., M.T.;
Jenis Koleksi : S1-Tugas Akhir
Penerbit : Teknik Kelautan
Fakultas : Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL)
Subjek :
Kata Kunci : Dermaga, Struktur, Kargo
Sumber :
Staf Input/Edit : Irwan Sofiyan  
File : 1 file
Tanggal Input : 2021-09-28 10:29:12

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Dengan terpisahnya ribuan pulau dengan lautan menjadi kan sebuah tantangan bagi Indonesia agar dapat mendistribusikan logistik secara efektif. Berdasarkan PP 61 Tahun 2009 hierarki pelabuhan di Indonesia dibagi menjadi; Pelabuhan utama, pelabuhan pengumpul, pelabuhan pengumpan regional, dan pelabuhan pengumpan nasional. Pelabuhan Ketapang termasuk kedalam pelabuhan pengumpan lokal, dimana berfungsi untuk melayani kegiatan bongkar muat kargo dari dan ke Kabupaten Ketapang. Penulisan Laporan Tugas Akhir bertujuan untuk melakukan Perancangan Struktur Dermaga Kargo Tipe Deck On Pile di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat. Lingkup pembahasan desain terdiri dari penentuan dimensi dermaga dan trestle sebagai penghubung dermaga dan daratan, pemodelan struktur, desain tulangan elemen struktural, serta daya dukung tanah. Pelabuhan ketapang di desain untuk dapat melayani kapal kargo dengan bobot 1000 DWT, berdimensi panjang sebesar 75 m dan lebar sebesar 10 m dengan elevasi lantai dermaga +3.5 m dan kedalaman perairan 4 m. Trestle memiliki dimensi panjang sebesar 84 m dan lebar 5 m. Pemodelan struktur dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak SAP2000 dengan kriteria desain yang optimum adalah struktur dengan nilai UCR (unity check ratio) yang berada pada rentang 0.8-1 dengan defleksi yang memenuhi izin. Adapun nilai UCR yang diperoleh untuk struktur dermaga sebesar 0.87 serta untuk struktur trestle sebesar 0.80. Gaya dalam yang diperoleh dari keluaran SAP2000 akan digunakan untuk merancang penulangan elemen struktural, sedangkan nilai reaksi tiang pancang akan digunakan untuk analisis daya dukung tanah dimana diperoleh kedalaman tiang pancang dermaga sebesar 28 m dan kedalaman tiang pancang trestle 20 m.