Tugas akhir ini memiliki sebuah tujuan yaitu menentukan desain kecepatan untuk kapal di daerah perairan dangkal di Sungai Sangkulirang untuk mengusahakan keselamatan navigasi kapal di daerah tersebut. Riset ini menggunakan model analitik dengan menggunakan persamaan-persamaan yang telah dikembangkan oleh Gourlay (2007) dan Barrass (1981). Persamaan Gourlay (2007) digunakan untuk menentukan nilai maksimum dari squat yang membutuhkan data batimetri Sungai Sangkulirang dan data draft dari kapal. Dan persamaan Barrass (1981) digunakan untuk menentukan desain kecepatan setelah mengetahui nilai maksimum dari squat yang membutuhkan data batimetri dan lebar Sungai Sangkulirang serta data lebar dan draft kapal. Kemudian nilai desain kecepatan bisa didapatkan untuk kapal large barge sebesar 9.7 knots, untuk kapal large container sebesar 11.3 knots dan untuk kapal RoRo sebesar 17 knots. Nilai-nilai desain kecepatan tersebut didapatkan setelah melakukan perhitungan menggunakan nilai dimensi dari perairan Sangkulirang dan kapal-kapal tersebut. Untuk mendapatkan nilai desain kecepatan yang dapat digunakan dengan lebih baik diperlukan faktor-faktor lain yang perlu dilibatkan dalam perhitungan nilai desain kecepatan seperti keadaan lalu lintas perairan dan interaksi antar kapal itu sendiri.