digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Kartika Putri
PUBLIC Irwan Sofiyan

Terminal Peti Kemas Makassar New Port merupakan bagian dari Pelabuhan Makassaryang berlokasi di Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan. Makassar New Port akan menjadi pelabuhan terbesar di Kawasan Timur Indonesia untuk semakin memperlancar arus logistik barang. Untuk mengoptimalkan potensi terminal peti kemas di Makassar New Port maka dalam Tugas Akhir ini akan dibahas mengenai Desain Pola Operasi Terminal Peti Kemas Makassar New Port Tahap 1. Desain pola operasi dihitung berdasarkan pada Rencana Induk Pelabuhan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Dalam Tugas Akhir ini membahas tentang desain pola operasi dermaga, desain pola operasi penumpukan, dan perhitungan tarif handling peti kemas. Desain pola operasi dermaga membahas kombinasi kapal yang bertambat, penentuan alat handling bongkar muat peti kemas yang digunakan beserta jumlahnya, perhitungan produktivitas alat bongkar muat, dan perhitungan kapasitas desain handling. Hasil perhitungan kapasitas desain handling peti kemas di dermaga sebesar 1.039.878 TEU/tahun. Sedangkan desain pola operasi lapangan penumpukan membahas penentuan alat penumpukan serta alat transportasi horizontal yang digunakan beserta jumlahnya, perhitungan produktivitas pada alat penumpukan peti kemas, dan perhitungan kapasitas desain handling di lapangan penumpukan serta pola operasi transportasi horizontal. Hasil perhitungan kapasitas desain handling peti kemas di lapangan penumpukan sebesar 1.993.148 TEU/tahun, sedangkan jumlah alat transportasi horizontal yang digunakan adalah 122 unit truk. Kemudian terdapat perhitungan biaya kapital dan penentuan tarif handling peti kemas membahas perhitungan biaya total kapital, perhitungan total pengeluaran dan pemasukan per tahun selama payback period, dan perhitungan tarif handling peti kemas.