digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Ayu Rifanny Margareth
PUBLIC Alice Diniarti

Pengembang perangkat lunak (developer) perlu bekerja secara produktif agar proyek perangkat lunak dapat diselesaikan sesuai dengan batasan biaya dan waktu yang telah ditentukan. Terdapat beberapa permasalahan yang dapat menghambat produktivitas developer seperti distraksi, kurangnya awareness antar tim dan miskomunikasi. Masalah tersebut dapat ditangani dengan pemanfaatan aplikasi manajemen proyek. Namun, aplikasi manajemen proyek yang ada saat ini juga masih memiliki banyak kekurangan di sisi desain interaksi. Oleh karena itu, tujuan dari tugas akhir ini adalah untuk memperoleh rancangan desain aplikasi manajemen proyek yang dapat mendukung produktivitas developer. Metode yang digunakan adalah goal directed design yang berfokus pada tujuan pengguna yaitu mendukung produktivitas developer. Riset dilakukan dengan metode kualitatif yaitu wawancara terhadap 7 narasumber developer untuk mengetahui perilaku, aktivitas, tujuan serta masalah pengguna. Hasil riset tersebut dianalisis sehingga menghasilkan persona, skenario penggunaan, fitur serta usability goals dan user experience goals aplikasi. Usability goals dan user experience goals prototipe merepresentasikan goal desain yaitu produktivitas developer. Adapun usability goals prototipe adalah easy to use dan efficient to use, sedangkan user experience goals prototipe adalah helpful dan motivating. Implementasi desain dilakukan dalam 2 iterasi dan disertai dengan pengujian usability goals serta user experience goals yang telah ditentukan. Metrik yang digunakan untuk pengujian yaitu completion rate, Single Ease Question (SEQ), Time Based Efficiency (TBE), untuk evaluasi usability goals dan tiga subskala Intrinsic Motivation Inventory (IMI) untuk evaluasi user experience goals. Berdasarkan hasi pengujian, prototipe aplikasi telah memenuhi usability goals dan user experience goals yang diturunkan dari tujuan pengguna sehing