digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Muhammad Haikal Al Maroghi
PUBLIC Taupik Abidin

Saat ini Rumah Makan Padang merupakan salah satu usaha yang paling banyak peminatnya di Indonesia bahkan ada beberapa sumber yang mengklaim bahwa rumah makan ini mampu bersaing dengan rumah makan cepat saji internasional yang terkenal di Indonesia. Namun ada beberapa komentar dari pelanggan bahwa ada perubahan yang terjadi di sebagian besar restoran Padang saat ini dari segi harga, menu dan layanan yang mereka tawarkan. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis masalah apa saja yang terjadi dan bagaimana cara mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif sebagai metode pendekatan. Penelitian ini diadakan di Jakarta, Indonesia. Informan terpercaya untuk penelitian ini adalah pelanggan setia rumah makan Padang, penggemar kuliner yang antusias dan kriteria lain yang terkait dengan penelitian ini. Data primer dikumpulkan dengan melakukan wawancara dengan informan dan data sekunder diperoleh melalui penelitian di website internet. Data yang diperoleh dari wawancara dan penelitian dibahas secara terfokus dan sistematis dengan menggunakan metode analisis tematik.