Saat ini Rumah Makan Padang merupakan salah satu usaha yang paling banyak
peminatnya di Indonesia bahkan ada beberapa sumber yang mengklaim bahwa rumah makan
ini mampu bersaing dengan rumah makan cepat saji internasional yang terkenal di Indonesia.
Namun ada beberapa komentar dari pelanggan bahwa ada perubahan yang terjadi di sebagian
besar restoran Padang saat ini dari segi harga, menu dan layanan yang mereka tawarkan. Oleh
karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis masalah apa saja yang terjadi dan
bagaimana cara mengatasi masalah tersebut.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif sebagai metode pendekatan. Penelitian ini
diadakan di Jakarta, Indonesia. Informan terpercaya untuk penelitian ini adalah pelanggan setia
rumah makan Padang, penggemar kuliner yang antusias dan kriteria lain yang terkait dengan
penelitian ini. Data primer dikumpulkan dengan melakukan wawancara dengan informan dan
data sekunder diperoleh melalui penelitian di website internet. Data yang diperoleh dari
wawancara dan penelitian dibahas secara terfokus dan sistematis dengan menggunakan metode
analisis tematik.