2024_TS_PP_Ayasha Dinarputri Az-Zahra-29122263-Full Text.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Kartika
Perihal Kopi merupakan salah satu kedai kopi di Depok yang didirikan pada tahun 2020 dan telah mengalami fenomena yang cukup menantang di awal bisnisnya. Setelah empat bulan berdiri, pandemic Covid-19 melanda Indonesia dan seluruh aturan tempat public menjadi serba terbatas. Namun pada masa itu Perihal Kopi justru meraih penjualan yang luar biasa melebihi target penjualannya. Setelah pemerintah menyatakan pandemic sudah berakhir dan tidak adanya lagi aturan mengenai jam operasional dan pembatasan social, Perihal Kopi justru mulai mengalami penurunan penjualan yang sangat signifikan. Perencanaan strategi untuk keberlanjutan yang dibangun harus mencakup analisa secara menyeluruh terhadap lingkungan internal dan eksternal Perihal Kopi. Penelitian yang dilakukan dalam cakupan internal meliputi analisis Segmentasi, Targeting, dan Positioning (STP) dan analisis terhadap bauran pemasaran 7P yang dimiliki Perihal Kopi yang dilakukan dengan cara observasi. Sedangkan dalam cakupan eksternal, beberapa analisis juga perlu dikalukan termasuk analisis PESTLE dan analisis pesaing yang dilakukan dengan observasi, dan analisis konsumen yang dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner. Analisis konsumen menjadi salah satu aspek yang penting untuk dilakukan untuk dapat memvalidasi penilaian preferensi pelanggan. Dalam penelitian ini, aspek-aspek yang diuji adalah tentang kualitas layanan dan bauran pemasaran 7P Perihal Kopi. Terdapat lima hipotesis utama dalam menguji kualitas layanan dan bauran pemasaran 7P Perihal Kopi yang berhubungan dengan kepuasan pelanggan dan juga niat pemelian kembali. Berdasarkan hasil analisis pelanggan, dibuktikan bahwa kualitas layanan tidak signifikan mempengaruhi kepuasan pelanggan dan minat pemeblian kembali, sedangkan bauran pemasaran 7P menjadi salah satu factor yang signifikan mempengaruuhi kepuasan pelanggan dan minat pembelian kembali pelanggan Perihal Kopi. Dengan mempertimbangkan hasil dari analisis- analisis tersebut, strategi yang diusulkan adalah untuk meningkatkan bauran promosi Perihal Kopi, meningkatkan keterlibatan dan keterhubungan dengan pelanggan Perihal Kopi saat ini dan calon pelanggan, dan mengoptimalkan dan mempertahankan aset Perihal Kopi saat ini dan menciptakan inovasi terkait bukti fisiknya. Indikator kesuksesan dalam mengimplementasikan strategi-strategi tersebut diukur melalui Objective and Key Result (OKR) yang mencakup peningkatan bauran pemasaran 7P dan keterlibatan pelanggan yang akan berpengaruh pada peningkatan pendapatan. Strategistrategi tersebut yang direncanakan akan diimplementasikan dalam jangka waktu enam bulan. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya adalah untuk dapat memfokuskan psikologis pelanggan terkait preferensi konsumen dan keputusan pembelian dalam konteks kopi setelah menganalisis hasil yang didapat dari strategi yang diusulkan sehingga dapat menjajaki strategi pemasaran potensial lainnya untuk Perihal Kopi yang hasilnya dapat dinikmati dalam jangka waktu panjang.