digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pandemi COVID-19 membawa banyak kesempatan terhadap aktivitas belanja online dikarenakan aktivitas secara offline yang terbatas. Di sektor kesehatan, perusahaan mengeluarkan tenaga untuk beradaptasi terhadap situasi yang disebabkan oleh meningkatnya permintaan di sektor ini dikarenakan situasi pandemi ini. Salah satu bentuk adaptasi yang para perusahaan menaruh fokus kepada adalah online dan digital marketing. Saat situasi pandemik COVID-19 berakhir, Perusahaan di sektor kesehatan mengalami berbagai hasil akibat pandemi berakhir. Para pelanggan bergeser kembali kepada aktivitas belanja secara offline dan aktivitas belanja online mengalami dampak dikarenakan akhir situasi pandemi COVID-19. Studi ini memiliki intensi untuk memecahkan masalah yang para perusahaan alami setelah pandemi berakhir dan meneliti lebih dalam mengenai pemenuhan kepuasan pelanggan yang akan menghasilkan retensi pelanggan dan terjadinya loyalitas pelanggan yang akan menggenerasi penjualan dan pemasukan untuk Perusahaan. Kuesioner penelitian ini dilakukan melalui metode kuantitatif dan menghasilkan sebanyak 206 responden yang telah melakukan pembelian produk obat atau kesehatan secara online yang berlokasi di area Jabodetabek. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kepuasan pelanggan memiliki dampak positif terhadap loyalitas pelanggan dalam membeli produk obat secara online. Faktor-faktor yang dianggap signifikan dalam menginfluensi tingkat kepuasan pelanggan adalah keamanan, biaya, kenyamanan dan kepercayaan pelanggan, tetapi terutama untuk kedua faktor terakhir.