digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Alisa Aufa Rizkika
PUBLIC Taupik Abidin

Menanggapi terhadap kebiasaan manusia yang berubah sejalan dengan adaptasi new normal menyebabkan manusia menjadi lebih terbiasa untuk tinggal dirumah dan memperhatikan kondisi rumahnya. Salah satu produk yang menjadi unggulan selama new normal adalah produk dekorasi rumah. Selain kebutuhan manusia yang berubah, terjadi juga perubahan pada cara pembelian. Pada awalnya pembelian produk dekorasi rumah dilakukan secara langsung atau dilakukan pada toko offline namun karena adanya pembatasan gerak maka pembelian berpindah ke channel online. Perubahan ini dirasakan oleh pemilik perusahaan lokal dekorasi rumah yang sudah bertahun-tahun berdiri menggunakan toko offline. Penelitian ini dilakukan untuk membantu toko dekorasi rumah lokal untuk menemukan faktor pendukung dalam peningkatan niat beli konsumen pada channel online dari ekstensi toko utama. Sebelumnya terdapat beberapa penelitian mengenai faktor pendukung channel online untuk sebuah perusahaan, namun belum ada penelitian yang berfokus pada perusahaan lokal dekorasi secara khusus. Penelitian ini mengambil beberapa faktor yang telah diteliti sebelumnya berdampak pada toko online perlengkapan rumah dan juga hal-hal yang diperhatikan dalam pembelian produk dekorasi rumah. Kemudian dilakukan wawancara dengan sampel perusahaan untuk mengetahui kondisi perusahaan saat ini ditambah dengan wawancara online dengan customer dari sampel perusahaan untuk mendapatkan kecocokan. Wawancara secara tidak langsung dengan customer diberikan kepada 105 respondent yang sudah pernah berbelanja produk dekorasi rumah di toko sampel secara online. Dari hasil tersebut beberapa faktor sebelumnya menemukan kecocokan dan terdapat tambahan faktor yaitu interaktivitas. Lalu dilakukan survey untuk memperkuat data menggunakan survey kepada 256 respondent yang sudah pernah berbelanja produk dekorasi rumah tanpa syarat toko tertentu. Kemudian faktor-faktor tersebut diteliti menggunakan PLS-SEM. Hasil penelitian menunjukkan sembilan faktor yang mendukung niat pembelian pada toko online dekorasi rumah. Faktor tersebut adalah similaritas yang diterima, kualitas layanan channel online, pengalaman berbelanja, kenyamanan, transfer kepercayaan, informasi, penerimaan manfaat, ekspektasi performa, dan interaktivitas yang diterima. Faktor ini dapat bermanfaat bagi produk perusahaan lokal dekorasi rumah dalam pengembangan atau pembuatan channel ekstensi online.