Menanggapi terhadap kebiasaan manusia yang berubah sejalan dengan adaptasi new normal
menyebabkan manusia menjadi lebih terbiasa untuk tinggal dirumah dan memperhatikan kondisi
rumahnya. Salah satu produk yang menjadi unggulan selama new normal adalah produk dekorasi
rumah. Selain kebutuhan manusia yang berubah, terjadi juga perubahan pada cara pembelian. Pada
awalnya pembelian produk dekorasi rumah dilakukan secara langsung atau dilakukan pada toko
offline namun karena adanya pembatasan gerak maka pembelian berpindah ke channel online.
Perubahan ini dirasakan oleh pemilik perusahaan lokal dekorasi rumah yang sudah bertahun-tahun
berdiri menggunakan toko offline. Penelitian ini dilakukan untuk membantu toko dekorasi rumah
lokal untuk menemukan faktor pendukung dalam peningkatan niat beli konsumen pada channel
online dari ekstensi toko utama. Sebelumnya terdapat beberapa penelitian mengenai faktor
pendukung channel online untuk sebuah perusahaan, namun belum ada penelitian yang berfokus
pada perusahaan lokal dekorasi secara khusus. Penelitian ini mengambil beberapa faktor yang telah
diteliti sebelumnya berdampak pada toko online perlengkapan rumah dan juga hal-hal yang
diperhatikan dalam pembelian produk dekorasi rumah. Kemudian dilakukan wawancara dengan
sampel perusahaan untuk mengetahui kondisi perusahaan saat ini ditambah dengan wawancara
online dengan customer dari sampel perusahaan untuk mendapatkan kecocokan. Wawancara
secara tidak langsung dengan customer diberikan kepada 105 respondent yang sudah pernah
berbelanja produk dekorasi rumah di toko sampel secara online. Dari hasil tersebut beberapa faktor
sebelumnya menemukan kecocokan dan terdapat tambahan faktor yaitu interaktivitas. Lalu
dilakukan survey untuk memperkuat data menggunakan survey kepada 256 respondent yang sudah
pernah berbelanja produk dekorasi rumah tanpa syarat toko tertentu. Kemudian faktor-faktor
tersebut diteliti menggunakan PLS-SEM. Hasil penelitian menunjukkan sembilan faktor yang
mendukung niat pembelian pada toko online dekorasi rumah. Faktor tersebut adalah similaritas
yang diterima, kualitas layanan channel online, pengalaman berbelanja, kenyamanan, transfer
kepercayaan, informasi, penerimaan manfaat, ekspektasi performa, dan interaktivitas yang
diterima. Faktor ini dapat bermanfaat bagi produk perusahaan lokal dekorasi rumah dalam
pengembangan atau pembuatan channel ekstensi online.