digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Final Project - Regina Resty Nabila.docx.pdf
PUBLIC Jufrizal Effendi, S.Sos

Industri Kopi adalah Industri yang terus meningkat setiap tahunnya, terutama di Bandung. Saat ini, kopi telah menjadi gaya hidup, baik di Indonesia ataupun di seluruh dunia. Persaingan di Industri Kopi sangatlah tinggi terutama pada kopi kemasan. Untuk memenangkan market, para perusahaan yang bergerak di Industri Kopi harus mengetahui faktor apa yang mempengaruhi konsumen dalam membeli produk kopi kemasan dan apa yang mempengaruhi intensi mereka. Sementara, persepsi konsumen dan sikap konsumen adalah hal utama yang mempengaruhi niat beli konsumen. Selain itu, mereka juga harus tau produk seperti apa yang di inginkan oleh konsumen. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu bagaimana hubungan persepsi konsumen, sikap konsumen dan niat beli konsumen, mengeksplorasi preferensi konsumen tentang kopi kemasan botol dan mencari tahu faktor penting yang mempengaruhi konsumen dalam membeli produk botol kopi kemasan. Pengambilan data untuk penelitian ini menggunakan wawancara dan survei dari 400 responden. Hasil dari pengambilan data akan di analisis menggunakan koding, conjoint analysis dan partial least square analysis. Penelitian ini mengeksplorasi produk seperti apa yang disukai oleh konsumen, bagaimana hubungan antara persepsi konsumen, sikap konsumen dan niat beli konsumen, dan mengetahui faktor penting yang mempengaruhi konsumen dalam membeli kopi kemasan botol. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang positif antara persepsi konsumen, sikap konsumen dan niat beli konsumen. Selain itu, untuk preferensi konsumen, konsumen lebih suka kopi dengan rasa original dan rendah kafein, untuk kemasan, mereka lebih suka botol dengan bentuk yang tinggi, terbuat dari plastik dan memiliki ukuran 250ml, sementara untuk harga, mereka lebih suka kopi dengan harga Rp. 15.000,00. Yang terakhir, word of mouth dan strategi pemasaran ternyata dapat mempengaruhi konsumen dalam membeli produk kopi kemasan.