digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Cannon Far East Indonesia (CFEI) adalah salah satu pemimpin pasar penyedia mesin pengolahan PU (polyurethane) di Indonesia. Namun, dalam aplikasi PU untuk ranjang dan kasur, CFEI menghadapi kesulitan dalam menjual mesin Cannon Viking, yang berdampak negatif pada penjualan CFEI di Indonesia. Meskipun terjadi pemulihan ekonomi pasca-pandemi, posisi CFEI di pasar ranjang dan kasur tidak mengalami perubahan signifikan, dibandingkan dengan pertumbuhan industri pengolahan di Indonesia. Oleh karena itu, isu kesadaran merek terkait mesin Cannon Viking yang dijual oleh CFEI perlu ditelusuri lebih lanjut dalam penelitian ini, beserta dampaknya pada niat beli konsumen. Penelitian ini berkontribusi pada analisis pasar aplikasi PU untuk ranjang dan kasur di Indonesia, serta faktor-faktor yang memengaruhi niat beli pelanggan dalam industri ini Tujuan dari penelitian ini adalah analisis internal dan eksternal Perusahaan CFEI, mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi niat beli konsumen, dan membuat strategi promosi untuk meningkatkan kesadaran merek produk Cannon Viking yang dijual oleh CFEI. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif untuk pengumpulan data dan analisis hipotesis. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi operasional CFEI, distribusi kuesioner, dan wawancara dengan pelanggan CFEI. Analisis eksternal dilakukan menggunakan Analisis PESTEL, Porter’s Five Forces, Analisis Pesaing dan Analisis Pelanggan, sementara analisis internal dilakukan menggunakan VRIO, Marketing Mix, Analisis STP, dan Value Chain Analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Komunikasi Pemasaran Terpadu memengaruhi baik Kesadaran Merek maupun Persepsi Konsumen, yang juga memengaruhi Niat Beli konsumen. CFEI disarankan untuk menerapkan rencana Komunikasi Pemasaran Terintegrasi dengan penekanan lebih kuat pada keunggulan mesin Cannon Viking dan memulai kegiatan pemasaran digital untuk membentuk kehadiran online yang lebih kuat di Indonesia.