digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat dewasa ini telah mengakibatkan berkembangnya pertumbuhan jumlah pengguna serta jumlah perusahaan yang bergerak di bidang penyediaan jasa layanan internet (Internet Service Provider-ISP). Industri internet merupakan suatu industri yang memiliki tingkat kompetisi sangat ketat dimana setiap ISP berlomba-lomba menyediakan layanan jasa internet yang menawarkan solusi dengan harga murah dan paket produk yang menarik. Persaingan yang ketat antar penyedia jasa layanan internet dalam dunia teknologi yang berubah dengan waktu yang sangat cepat tersebut, telah menuntut PT. Rahajasa Media Internet (Radnet) untuk merumuskan berbagai strategi khusus serta penetapan strategi pemasaran dengan mempertimbangkan perilaku pengguna internet agar dapat bertahan dan berkembang dalam industri internet. PT. Rahajasa Media Internet (Radnet) juga dituntut untuk terus menerus meningkatkan kualitas, memberikan standar tertinggi dalam pelayanan serta memberikan solusi terbaik bagi pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang strategi pemasaran yang tepat bagi Radnet cabang Bandung. Penelitian ini dilakukan melalui survei menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada pelanggan dial up personal Radnet cabang Bandung serta pengguna internet personal di wilayah Bandung. Hasil survei pada pelanggan dial up personal Radnet cabang Bandung dan pengguna internet personal di wilayah Bandung menunjukkan bahwa mereka termasuk kepada golongan yang concern terhadap value for money, dimana mereka sangat perhitungan dalam mengeluarkan uang untuk barang-barang teknologi seperti Internet, karena bagi mereka internet bukan merupakan kebutuhan primer. Golongan seperti ini juga pada umumnya kritis serta memiliki banyak tuntutan terhadap produk internet serta pelayanan dari penyedia jasa internet. Mereka menuntut kecepatan akses yang tinggi, harga yang terjangkau, serta pelayanan yang mengedepankan sisi empathy dari Radnet kepada para pelanggan, dimana Radnet harus mengerti akan kebutuhan masing-masing pelanggan dan memperlakukan pelanggan sesuai dengan karakteristik masing-masing. Berbagai saran yang diusulkan dari hasil penelitian ini adalah strategi pemasaran yang menggunakan konsep Strategic Business Triangle atau STV-Triangle dengan sembilan elemen yang akan membentuk grand design Radnet cabang Bandung. Setiap komponen dalam STV-Triangle memiliki perannya sendiri dan akan membantu Radnet dalam memenangkan persaingan di industri internet yang sangat ketat. Peran komponen Strategy adalah untuk memenangkan mind share, peran komponen Tactics adalah untuk memenangkan market share serta peran komponen Value untuk mendapatkan heart share.