digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Indonesia terkenal di seluruh dunia karena kekayaan alamnya sebagai destinasi wisata eksotis. Sebagai gugusan kepulauan terbesar di Bumi dan terletak di dalam Cincin Api, Indonesia memiliki berbagai destinasi menakjubkan dan keajaiban alam. Namun, meskipun memiliki pulau-pulau yang melimpah, sebagian besar sorotan pariwisata tertuju pada satu pulau: Bali. Meskipun Indonesia kaya akan keajaiban alam, sebagian besar destinasi paling indah dan unik mereka tetap tidak dikenal oleh pasar pariwisata internasional. Paper ini akan menjelajahi potensi penuh industri pariwisata Indonesia dan apa yang dapat dilakukan strategi pemasaran untuk meningkatkannya di pasar internasional. Akan difokuskan pada bagaimana strategi pemasaran dapat menciptakan kesadaran bagi wisatawan secara internasional dan menyoroti semua destinasi berbagai di Indonesia. Juga akan membahas peran dan implementasi pariwisata berkelanjutan dalam usaha ini untuk memproses dan mengembangkan pariwisata di negara ini. Merancang strategi untuk mempromosikan pariwisata di pulau-pulau Indonesia lainnya sangat penting untuk penelitian ini. Penelitian akan memanfaatkan pemasaran digital, media sosial, dan platform online untuk memikat khalayak global. Peran kunci praktik pariwisata berkelanjutan dalam memacu industri, serta menjembatani kesenjangan budaya dan linguistik dalam komunikasi internasional, juga menjadi sorotan. Studi ini pada dasarnya dimaksudkan untuk menekankan signifikansi dan kebutuhan untuk memperluas pariwisata Indonesia di luar batas Bali. Ini dapat dicapai dengan menerapkan strategi pemasaran dan pariwisata berkelanjutan dengan benar untuk mendorong berbagai destinasi di negara ini dan pada gilirannya menarik audiens lebih luas dari pasar turis internasional, yang pada akhirnya juga akan mengurangi over pariwisata di Bali. Semua upaya ini pada akhirnya akan mendukung pertumbuhan ekonomi negara dan mendorong perkembangan industri pariwisata.