Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar ke-4 di dunia, jumlah penduduk yang tinggi
menyebabkan kebutuhan primer di Indonesia sangat tinggi termasuk pakaian jadi. Industri fashion yang
terus berkembang memberikan peluang bagi industri garmen untuk terus berkembang, terutama nilai
ekonomi Indonesia. Selain itu, pertumbuhan pengguna internet di Indonesia juga terus meningkat,
memberikan peluang bagi industri garmen untuk mengalami pertumbuhan yang didukung oleh pengguna
internet. Raiment merupakan perusahaan yang memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk membuat
pakaian jadi melalui jalur online maupun offline. Perusahaan ini memiliki banyak saluran tetapi setiap
saluran tidak terintegrasi dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan rencana
saluran pemasaran terpadu untuk Raiment's. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis
internal dan analisis eksternal. Faktor eksternal dianalisis menggunakan analisis PESTLE, Five Porter
Forces, preferensi pelanggan, dan wawasan pakar. Analisis eksternal menunjukkan kondisi eksternal
industri fashion atau garmen yang mempengaruhi pertumbuhan Raiment. Sedangkan analisis internal yang
dilakukan oleh Raiment menggunakan analisis perusahaan untuk menganalisis kondisi bisnis yang
sebenarnya. Ada 165 responden dan 1 ahli untuk pengumpulan data melalui wawancara dan kuesioner.
Hasil kuesioner akan digabungkan dengan hasil wawancara dengan para ahli di bidang garmen. Kombinasi
tersebut dijadikan sebagai strategi oleh Raiment untuk mengembangkan integrasi saluran Raiment di bidang
pemasaran.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk mengintegrasikan masing-masing saluran, perlu memiliki
satu saluran inti dan membuat saluran lain mendukung satu saluran inti dengan mempertimbangkan
kekuatan dan kelemahan masing-masing saluran yang dimiliki Raiment dengan mempertimbangkan target
pasar Raiment. Menurut analisis eksternal Raiment. Raiment memiliki platform inti yaitu Instagram yang
menunjukkan hasil positif dan sesuai dengan target pasar Raiment. Solusi atau strategi yang disarankan
adalah menjadikan Instagram sebagai core platform dengan cara mengembangkan aktivitas, followers,
konsistensi dari Instagram, mengembangkan semua online channel dari Raiment untuk mendukung
Instagram sebagai platform utama, mendapatkan atau mengikuti kegiatan pelatihan untuk dapat mengelola
website, dan membuat akun Shopee untuk memperbesar segmentasi dan membuat pendapatan Raiment
stabil.Implementasi yang telah dilakukan oleh Raiment dalam mengembangkan saluran online untuk
membuat saluran terintegrasi dengan mengetahui kekuatan dan kelemahan dari setiap saluran online.
Rencana aksi yang akan diambil oleh Raiment akan memaksimalkan sumber daya Raiment dengan
mengikuti kursus untuk optimalisasi saluran online, membuat konten Raiment untuk semua saluran online,
dan mengevaluasi saluran online setiap bulan.