digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Kemas Raihani Argyan
PUBLIC Taupik Abidin

Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar ke-4 di dunia, jumlah penduduk yang tinggi menyebabkan kebutuhan primer di Indonesia sangat tinggi termasuk pakaian jadi. Industri fashion yang terus berkembang memberikan peluang bagi industri garmen untuk terus berkembang, terutama nilai ekonomi Indonesia. Selain itu, pertumbuhan pengguna internet di Indonesia juga terus meningkat, memberikan peluang bagi industri garmen untuk mengalami pertumbuhan yang didukung oleh pengguna internet. Raiment merupakan perusahaan yang memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk membuat pakaian jadi melalui jalur online maupun offline. Perusahaan ini memiliki banyak saluran tetapi setiap saluran tidak terintegrasi dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan rencana saluran pemasaran terpadu untuk Raiment's. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis internal dan analisis eksternal. Faktor eksternal dianalisis menggunakan analisis PESTLE, Five Porter Forces, preferensi pelanggan, dan wawasan pakar. Analisis eksternal menunjukkan kondisi eksternal industri fashion atau garmen yang mempengaruhi pertumbuhan Raiment. Sedangkan analisis internal yang dilakukan oleh Raiment menggunakan analisis perusahaan untuk menganalisis kondisi bisnis yang sebenarnya. Ada 165 responden dan 1 ahli untuk pengumpulan data melalui wawancara dan kuesioner. Hasil kuesioner akan digabungkan dengan hasil wawancara dengan para ahli di bidang garmen. Kombinasi tersebut dijadikan sebagai strategi oleh Raiment untuk mengembangkan integrasi saluran Raiment di bidang pemasaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk mengintegrasikan masing-masing saluran, perlu memiliki satu saluran inti dan membuat saluran lain mendukung satu saluran inti dengan mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan masing-masing saluran yang dimiliki Raiment dengan mempertimbangkan target pasar Raiment. Menurut analisis eksternal Raiment. Raiment memiliki platform inti yaitu Instagram yang menunjukkan hasil positif dan sesuai dengan target pasar Raiment. Solusi atau strategi yang disarankan adalah menjadikan Instagram sebagai core platform dengan cara mengembangkan aktivitas, followers, konsistensi dari Instagram, mengembangkan semua online channel dari Raiment untuk mendukung Instagram sebagai platform utama, mendapatkan atau mengikuti kegiatan pelatihan untuk dapat mengelola website, dan membuat akun Shopee untuk memperbesar segmentasi dan membuat pendapatan Raiment stabil.Implementasi yang telah dilakukan oleh Raiment dalam mengembangkan saluran online untuk membuat saluran terintegrasi dengan mengetahui kekuatan dan kelemahan dari setiap saluran online. Rencana aksi yang akan diambil oleh Raiment akan memaksimalkan sumber daya Raiment dengan mengikuti kursus untuk optimalisasi saluran online, membuat konten Raiment untuk semua saluran online, dan mengevaluasi saluran online setiap bulan.