digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Transformasi digital dapat meningkatkan kehidupan konsumen dengan memberikan peluang baru bagi perusahaan bisnis untuk menciptakan nilai bisnis. Tren peningkatan digitalisasi dan konsumsi platform media digital oleh pelanggan global dan domestik telah menyebabkan permintaan bandwidth yang lebih tinggi dengan konektivitas berkecepatan tinggi. Penelitian ini mengambil kasus sebuah perusahaan telekomunikasi B2B yaitu divisi Telkom DWS di bawah PT Telkom Indonesia yang berperan dan fokus dalam menjalankan kegiatan pengelolaan portofolio bisnis wholesale. Untuk mencapai misinya, Telkom DWS perlu menetapkan strategi pemasaran yang tepat dan efektif untuk meningkatkan pendapatan penjualan produk-produk bisnis wholesale-nya. Berdasarkan hasil kajian, strategi pemasaran Telkom DWS sebagai divisi PT Telkom Indonesia saat ini belum cukup kuat untuk meningkatkan pendapatan dari penjualan produk. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti mengusulkan strategi pemasaran baru pada saluran offline dan online yang dimaksudkan untuk meningkatkan pendapatan penjualan produk Telkom DWS untuk setiap segmen secara merata. Strategi pertama yang diusulkan adalah menerapkan program kemitraan saluran. Strategi ini bertujuan untuk menciptakan nilai lebih bagi mitra DWS Telkom dengan memberikan imbalan kepada mitra berupa komisi penjualan untuk mendistribusikan produk atau layanan mereka. Strategi kedua adalah optimalisasi pemasaran digital. Strategi ini diusulkan untuk meningkatkan kampanye pemasaran digital pada saluran online dengan mengoptimalkan promosi pemasaran digital untuk mendapatkan pelanggan potensial yang lebih spesifik untuk mitra grosir. Strategi ketiga adalah pengembangan manajer akun. Strategi ini diusulkan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, loyalitas, dan retensi pelanggan dengan meningkatkan kualitas Account Manager. Metodologi kualitatif akan digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu Telkom DWS sebagai perusahaan telekomunikasi di bisnis wholesale dalam mengevaluasi strategi pemasarannya untuk meningkatkan penjualan produk dan berkontribusi dalam mendukung keberlanjutan Telkom Group di bisnis wholesale.