
2023_TS_PP_Leony Adelia Monesi - 29121257_1-Abstrak.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Yose Ali Rahman
Transformasi digital dapat meningkatkan kehidupan konsumen dengan memberikan
peluang baru bagi perusahaan bisnis untuk menciptakan nilai bisnis. Tren peningkatan
digitalisasi dan konsumsi platform media digital oleh pelanggan global dan domestik telah
menyebabkan permintaan bandwidth yang lebih tinggi dengan konektivitas berkecepatan
tinggi.
Penelitian ini mengambil kasus sebuah perusahaan telekomunikasi B2B yaitu divisi
Telkom DWS di bawah PT Telkom Indonesia yang berperan dan fokus dalam menjalankan
kegiatan pengelolaan portofolio bisnis wholesale. Untuk mencapai misinya, Telkom DWS
perlu menetapkan strategi pemasaran yang tepat dan efektif untuk meningkatkan
pendapatan penjualan produk-produk bisnis wholesale-nya. Berdasarkan hasil kajian,
strategi pemasaran Telkom DWS sebagai divisi PT Telkom Indonesia saat ini belum cukup
kuat untuk meningkatkan pendapatan dari penjualan produk.
Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti mengusulkan strategi pemasaran baru pada
saluran offline dan online yang dimaksudkan untuk meningkatkan pendapatan penjualan
produk Telkom DWS untuk setiap segmen secara merata. Strategi pertama yang diusulkan
adalah menerapkan program kemitraan saluran. Strategi ini bertujuan untuk menciptakan
nilai lebih bagi mitra DWS Telkom dengan memberikan imbalan kepada mitra berupa
komisi penjualan untuk mendistribusikan produk atau layanan mereka. Strategi kedua
adalah optimalisasi pemasaran digital. Strategi ini diusulkan untuk meningkatkan
kampanye pemasaran digital pada saluran online dengan mengoptimalkan promosi
pemasaran digital untuk mendapatkan pelanggan potensial yang lebih spesifik untuk mitra
grosir. Strategi ketiga adalah pengembangan manajer akun. Strategi ini diusulkan untuk
meningkatkan kepuasan pelanggan, loyalitas, dan retensi pelanggan dengan meningkatkan
kualitas Account Manager. Metodologi kualitatif akan digunakan dalam penelitian ini.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu Telkom DWS sebagai perusahaan
telekomunikasi di bisnis wholesale dalam mengevaluasi strategi pemasarannya untuk
meningkatkan penjualan produk dan berkontribusi dalam mendukung keberlanjutan
Telkom Group di bisnis wholesale.