digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Perusahaan pakaian olahraga wanita muslimah bernama XYZ Active Wear memulai debutnya pada akhir tahun 2020. XYZ Active Wear berkonsentrasi pada penjualan online. Penjualan XYZ Active Wear menurun seiring dengan kurangnya pemahaman tentang komunikasi pelanggan dan strategi pemasaran digital. Hal ini disebabkan karena PT.ABC, manajemen XYZ Active Wear, hanya pernah bekerja dengan sistem business-to-business dan tidak mengerti bagaimana mengoperasikan sistem business-to-customer. Selain itu, PT.ABC tidak yakin dengan pendekatan pemasaran digital ideal XYZ Active Wear. XYZ Active Wear tidak dapat bersaing di pasar karena rendahnya kesadaran pelanggan terhadap perusahaan. Penelitian ini dilakukan untuk membantu XYZ Active Wear dalam meningkatkan komunikasi pelanggan dengan mengetahui digital customer journey dari target pasar XYZ Active Wear dan memilih strategi pemasaran digital yang tepat. Wawancara dengan pendiri, pelanggan, dan calon pelanggan dilakukan sebagai bagian dari strategi penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Analisis internal, termasuk analisis STP dan Marketing Mix 7p, serta analisis eksternal, termasuk analisis PESTEL, analisis pesaing, dan analisis perjalanan pelanggan, digunakan dalam penelitian ini. Setelah analisis internal dan eksternal, analisis SWOT dilakukan, diikuti dengan pembuatan matriks TOWS, yang mengarah pada pengembangan strategi pemasaran digital yang cocok untuk XYZ Active Wear agar dapat bersaing di pasar dan meningkatkan penjualan.