digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Ekonomi kreatif berakar pada cara berpikir yang baru atau unik untuk menghasilkan ide dan kreativitas dalam menciptakan produk yang menawarkan solusi atas permasalahan yang ada. Sebagai penyumbang PDB terbesar kedua dari ekonomi kreatif, sektor fesyen mengalami perkembangan yang cukup pesat. Wodeepa merupakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang bergerak di bidang industri kreatif sektor fesyen yang ingin meningkatkan kreativitas dan inovasi dengan turut serta mengembangkan kain tenun Tradisional Indonesia. Wodeepa sempat ditutup sementara beberapa waktu sehingga beberapa orang mulai ragu apakah bisnis ini masih berjalan atau tidak. Selain itu, jumlah pengikut di Instagram dan penjualan juga menurun. Setelah bisnis ini dimulai kembali, Wodeepa perlu menarik lebih banyak pelanggan. Wodeepa perlu beradaptasi dengan kemajuan teknologi dan meningkatkan penjualan yang cenderung stagnan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan saluran online dan strategi media sosial untuk periode selanjutnya dan menyusun rencana tindakan yang perlu dilaksanakan. Penelitian ini memerlukan beberapa analisis untuk mendapatkan data yang diperlukan. Beberapa analisis yang digunakan yaitu analisis pelanggan, analisis pesaing, analisis strategi masuk, dan analisis akar penyebab masalah. Dalam merancang strategi untuk Wodeepa, digunakan Matriks TOWS. Setelah menemukan rencana strategis untuk periode selanjutnya, Objectives and Key Results digunakan sebagai tolak ukur kinerja. Penelitian ini difokuskan pada penentuan mengembangkan saluran online dan strategi media sosial Wodeepa pada periode selanjutnya. Strategi ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah pengikut, keterlibatan, dan penjualan. Dengan demikian, strategi tersebut terbagi menjadi beberapa rencana aksi. Pertama, menambah jumlah pengikut bisa dilakukan dengan promosi berbayar. Kedua, meningkatkan jumlah keterlibatan dapat dilakukan dengan mengaktifkan kembali media sosial. Selain itu, meningkatkan pengikut dan interaksi dengan pengikut juga meningkatkan keterlibatan. Ketiga, membuka toko di marketplace dapat membantu meningkatkan jumlah penjualan. Setelah itu, pengukuran kinerja dilakukan berdasarkan strategi ini untuk membantu fokus pada pekerjaan prioritas yang diperlukan untuk mencapai tujuan strategi tersebut