digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Indonesian Basketball League (IBL) adalah liga bola basket profesional di Indonesia yang dibentuk pada tahun 2003. Sejak kembali pada tahun 2016, kehadiran penonton menjadi masalah bagi liga karena jumlah kehadiran penonton yang tidak konsisten dari tahun ke tahun. Melalui penelitian ini, penulis memiliki tujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor motivasi yang mempengaruhi kehadiran penonton di IBL dan menentukan rekomendasi yang sesuai untuk meningkatkan jumlah kehadiran penonton berdasarkan motivasi yang teridentifikasi. Sembilan motivasi diidentifikasi pada tahap landasan teori, setelah itu kuesioner online dibagikan kepada orang-orang yang telah menghadiri pertandingan IBL sejak musim 2016. Partial Least Square - Structural Equation Modeling (PLS-SEM) diterapkan pada 202 sampel yang dikumpulkan untuk menganalisis hubungan antara motivasi dan frekuensi kehadiran mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa escape, drama, knowledge, dan entertainment berpengaruh terhadap kehadiran penonton. Berdasarkan faktor motivasi yang teridentifikasi, beberapa rekomendasi yang dibuat antara lain membuat kampanye promosi, menambah jumlah seri atau pertandingan, meningkatkan kualitas pertandingan, dan membuat konten edukasi tentang bola basket. Penelitian ini memberikan langkah penting bagi IBL dan liga olahraga lainnya di Indonesia untuk memahami motivasi penontonnya lebih dalam dan menyesuaikan strategi mereka untuk mengakomodasi motivasi penontonnya. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengidentifikasi faktor motivasi lain, membandingkan bagaimana motivasi orang telah berubah dari waktu ke waktu, dan meningkatkan generalisasi penelitian ini.