
Azmi Muhammad Syazwana [13519151].pdf
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Pendidikan matematika mempunyai peranan penting dalam mengembangkan
potensi siswa. Namun, tantangan muncul ketika banyak siswa yang menganggap
matematika merupakan mata pelajaran yang sulit dan membosankan sehingga
menyebabkan rendahnya motivasi siswa dalam belajar. Bangun ruang merupakan
materi matematika yang selalu ada di setiap jenjang pendidikan saat masa wajib
belajar. Akan tetapi, masih banyak ditemukan kesulitan dalam pemahaman siswa.
Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan gim edukasi
sebagai alternatif metode pembelajaran yang dapat meningkatkan minat dan
motivasi belajar serta pemahaman siswa kelas 6 SD pada materi bangun ruang.
Metode ADDIE digunakan dalam pengembangan gim edukasi ini dengan berbagai
tahapan untuk mengembangkan dan menguji gim mulai dari, analisis, desain,
pengembangan, implementasi, hingga evaluasi. Metode ini memberikan kerangka
kerja yang terstruktur dan terarah serta mencakup berbagai aspek yang lebih luas
untuk mengembangkan dan mengevalusi gim sebagai media pembelajaran.
Pengujian gim ini dilakukan pada 33 siswa kelas 6 SD di SD Negeri Layungsari
Kota Tasikmalaya.
Hasil dari analisis menunjukkan bahwa penggunaan gim edukasi meningkatkan
minat dan motivasi belajar siswa dibandingkan dengan metode pembelajaran
konvensional. Hal ini dapat dilihat pada nilai rata-rata minat siswa menggunakan
gim, yaitu 17.36 sedangkan nilai rata-rata sebelum menggunakan gim hanya 14.09
dari nilai totalnya, yaitu 20. Gim edukasi ini juga efektif dalam meningkatkan
pemahaman siswa mengenai materi bangun ruang yang dapat dilihat pada nilai rata-
rata post-tes perlakuan, yaitu 75.41, sedangkan nilai rata-rata post-tes kontrol hanya
bernilai 54.11. Selain itu, 93.3% siswa menilai bahwa gim edukasi ini dapat
menjadi metode alternatif pembelajaran bangun ruang serta dapat memberi nilai
tambah karena memberikan pelajaran yang interaktif, menarik dan menantang bagi
siswa.