digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Cover
PUBLIC Open In Flipbook karya


Lembar Pengesahan
Terbatas karya
» ITB


BAB I
Terbatas karya
» ITB

BAB II
Terbatas karya
» ITB

BAB III
Terbatas karya
» ITB

BAB IV
Terbatas karya
» ITB

BAB V
Terbatas karya
» ITB

BAB VI
Terbatas karya
» ITB

Daftar Pustaka & Lampiran
Terbatas karya
» ITB

Jalan telah menjadi bagian penting dalam menunjang kehidupan manusia, baik pada bidang ekonomi, sosial budaya, keamanan, hingga kemakmuran masyarakat. Perawatan jalan harus dilakukan terus menerus agar jalan dapat memberikan manfaat yang optimal. Sayangnya, kegiatan perawatan jalan di Indonesia tidak dapat berjalan optimal. Terbatasnya sumber daya perawatan jalan yang tersedia mendesak penentuan strategi penanganan jalan yang optimal dengan mempertimbangkan berbagai macam aspek. Namun, penentuan strategi penanganan jalan yang dilakukan selama ini masih manual. Di sisi lain, kegiatan perawatan jalan dibutuhkan untuk dapat memberikan jaminan rasa nyaman dan aman kepada pengguna jalan. Penelitian terkait penentuan strategi penanganan jalan telah banyak dilakukan dalam beberapa tahun terakhir. Namun, penelitian tersebut terbatas pada optimasi dua variabel objektif, yaitu meminimalkan biaya untuk menjaga umur rencana jalan dan meningkatkan kondisi jalan. Sedangkan, terdapat variabel lain yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan strategi penanganan optimal, seperti data rawan bencana. Selain itu, penelitian yang ada juga belum mempertimbangkan batasan anggaran yang tersedia setiap tahunnya. Penelitian ini merekomendasikan suatu metode metaheuristik untuk optimasi multi objektif yang mampu mendukung kegiatan perawatan jalan dengan memberikan strategi penanganan jalan yang optimal dari keterbatasan sumber daya yang tersedia. Penelitian ini juga menyajikan purwarupa yang menerapkan metode tersebut sebagai pendukung solusi permasalahan dan hasil strategi penanganan jalan yang optimal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa NSGA-III mampu memenuhi kebutuhan optimasi yang cepat, tepat, dan efisien, dibandigkan metode optimasi lainnya. Selain itu, masih ada ruang untuk meningkatkan performa NSGAIII menjadi lebih baik lagi.