Proyek Stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) Tegalluar
merupakan proyek yang terdiri dari bangunan utama 2 lantai dan pedestrian tunnel
yang akan membantu akses penumpang dari dan menuju peron. Pengerjaan Tugas
Akhir ini bertujuan untuk merencanakan fondasi yang mampu memikul beban yang
diakibatkan adanya struktur yang ditopang dan juga merencanakan dinding penahan
tanah yang mampu menahan tanah di sekitar galian yang dilakukan dalam
konstruksi pedestrian tunnel.
Desain fondasi yang direncanakan terdiri dari analisis daya dukung aksial
dan lateral tiang tunggal dengan menggunakan fondasi tiang pancang dengan
memperhatikan pengaruh negative skin friction akibat adanya timbunan dan tanah
lunak yang berada pada lokasi proyek. Perencanaan fondasi tiang pancang akan
memperoleh konfigurasi tiang pancang yang dibutuhkan yang mampu
mengakomodasi beban struktur dengan memperhatikan kriteria desain yang
ditentukan baik deformasi maksimum saat kondisi layan maupun gempa, faktor
keamanan fondasi maupun penurunan izin.
Desain dinding penahan tanah direncanakan untuk memberikan tahanan
terhadap reaksi lateral tanah selama pekerjaan galian. Pekerjaan galian dilakukan
hingga kedalaman 6 m. Dalam hal ini Pemodelan tahapan konstruksi dilakukan
dengan menggunakan software PLAXIS 2D yang terdiri dari tahapan penetrasi
dinding dan beban yang merepresentasikan kondisi sebenarnya dan 2 tahapan
galian. Desain penulangan dilakukan dengan memperhatikan momen dan gaya geser yang dihasilkan dari Pemodelan. Proses dewatering juga dilakukan untuk
menurunkan muka air tanah di sekitar galian. Perancangan desain penahan tentu
memperhatikan kriteria desain baik defleksi dan faktor keamanan dinding. Hasil
Perancangan tugas akhir ini akan diberikan dalam bentuk dokumen hasil analisis,
detail gambar Perancangan dan spesifikasi desain.