digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Muhammad Siddiq Abdulloh
PUBLIC Irwan Sofiyan

Proyek Stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) Tegalluar merupakan proyek yang terdiri dari bangunan utama 2 lantai dan pedestrian tunnel yang akan membantu akses penumpang dari dan menuju peron. Pengerjaan Tugas Akhir ini bertujuan untuk merencanakan fondasi yang mampu memikul beban yang diakibatkan adanya struktur yang ditopang dan juga merencanakan dinding penahan tanah yang mampu menahan tanah di sekitar galian yang dilakukan dalam konstruksi pedestrian tunnel. Desain fondasi yang direncanakan terdiri dari analisis daya dukung aksial dan lateral tiang tunggal dengan menggunakan fondasi tiang pancang dengan memperhatikan pengaruh negative skin friction akibat adanya timbunan dan tanah lunak yang berada pada lokasi proyek. Perencanaan fondasi tiang pancang akan memperoleh konfigurasi tiang pancang yang dibutuhkan yang mampu mengakomodasi beban struktur dengan memperhatikan kriteria desain yang ditentukan baik deformasi maksimum saat kondisi layan maupun gempa, faktor keamanan fondasi maupun penurunan izin. Desain dinding penahan tanah direncanakan untuk memberikan tahanan terhadap reaksi lateral tanah selama pekerjaan galian. Pekerjaan galian dilakukan hingga kedalaman 6 m. Dalam hal ini Pemodelan tahapan konstruksi dilakukan dengan menggunakan software PLAXIS 2D yang terdiri dari tahapan penetrasi dinding dan beban yang merepresentasikan kondisi sebenarnya dan 2 tahapan galian. Desain penulangan dilakukan dengan memperhatikan momen dan gaya geser yang dihasilkan dari Pemodelan. Proses dewatering juga dilakukan untuk menurunkan muka air tanah di sekitar galian. Perancangan desain penahan tentu memperhatikan kriteria desain baik defleksi dan faktor keamanan dinding. Hasil Perancangan tugas akhir ini akan diberikan dalam bentuk dokumen hasil analisis, detail gambar Perancangan dan spesifikasi desain.