Article Details

PRIVASI DARING GENERASI MILLENNIAL DI INDONESIA

Oleh   Aditya Kalipah Ramdhan Rini [19016324]
Kontributor / Dosen Pembimbing : Ira Fachira, S.Si., M.T., Ph.D.;Prof. Dr. Kristina SteinbiƟ;
Jenis Koleksi : S1-Tugas Akhir
Penerbit : Sekolah Bisnis dan Manajemen
Fakultas : Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM)
Subjek :
Kata Kunci : Generasi millenial Indonesia, jaringan sosial, kesadaran privasi, media sosial
Sumber :
Staf Input/Edit : Taupik Abidin  
File : 1 file
Tanggal Input : 2020-09-24 17:43:29

Meskipun dikenal sebagai generasi yang kurang memiliki etos kerja (Smith & Nichols, 2015), kaum milenial memegang peranan penting dalam perekonomian Indonesia. Diproyeksikan pada tahun 2020 akan ada sekitar 63,5 generasi millennial di Indonesia sebagai penduduk produktif (Badan Pusat Statistik, 2019). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa baik pemahaman mereka tentang kesadaran privasi online. Melalui kuesioner online, diajukan beberapa pertanyaan untuk mengetahui tingkat kesadaran mereka dalam privasi online, tindakan mereka untuk menetapkan batasan privasi, dan perilaku mereka terhadap keamanan data di media sosial. Hasilnya, pemahaman mereka yang baik tentang privasi online dibuktikan dari pengetahuan mereka tentang kapasitas teknologi media sosial dan mereka juga menetapkan beberapa batasan dengan membagikan informasi pribadinya ke lingkaran sosial yang lebih tertutup. Namun, kenyamanan mereka di media sosial membuat mereka sulit untuk mengetahui potensi risiko masalah keamanan data online.