Meskipun dikenal sebagai generasi yang kurang memiliki etos kerja (Smith & Nichols, 2015),
kaum milenial memegang peranan penting dalam perekonomian Indonesia. Diproyeksikan
pada tahun 2020 akan ada sekitar 63,5 generasi millennial di Indonesia sebagai penduduk
produktif (Badan Pusat Statistik, 2019). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa baik pemahaman mereka tentang kesadaran privasi online. Melalui kuesioner online, diajukan
beberapa pertanyaan untuk mengetahui tingkat kesadaran mereka dalam privasi online,
tindakan mereka untuk menetapkan batasan privasi, dan perilaku mereka terhadap keamanan
data di media sosial. Hasilnya, pemahaman mereka yang baik tentang privasi online dibuktikan
dari pengetahuan mereka tentang kapasitas teknologi media sosial dan mereka juga menetapkan beberapa batasan dengan membagikan informasi pribadinya ke lingkaran sosial yang lebih tertutup. Namun, kenyamanan mereka di media sosial membuat mereka sulit untuk
mengetahui potensi risiko masalah keamanan data online.