2024 SK PP Affan Agil Paringaning Gusti [19020102] - Full Text.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa
Electronic Word of Mouth (eWOM) telah menjadi faktor penting dalam pengambilan keputusan perjalanan. Mulai dari media sosial, jejaring sosial perjalanan, situs ulasan perjalanan, dan masih banyak lagi, kemunculan banyak platform eWOM menimbulkan pertanyaan platform eWOM mana yang paling efektif. Penelitian sebelumnya yang dilakukan di Inggris membuktikan bahwa media sosial eWOM memiliki pengaruh yang lebih kuat terhadap niat membeli dibandingkan situs belanja. Namun penelitian terbaru menunjukkan bahwa wisatawan domestik Indonesia lebih memilih mencari informasi di media sosial dibandingkan website. Penelitian ini mengajukan pertanyaan apakah demografi dan jenis produk yang berbeda akan memberikan hasil yang berbeda. Membandingkan platform eWOM dapat dilakukan dengan membedah eWOM menjadi empat faktor yang menggambarkan kredibilitas, kualitas, adopsi, dan risiko yang dirasakan. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan eWOM dengan dua platform eWOM populer di Indonesia: media sosial dan agen perjalanan online (OTA). Dengan menggunakan adaptasi Information Acceptance Model (IACM), penelitian ini akan membandingkan kekuatan pengaruh eWOM di kedua platform. Berdasarkan penelitian dan pemberitaan sebelumnya, penelitian ini menguji apakah eWOM di media sosial memiliki pengaruh yang lebih kuat terhadap niat beli konsumen dibandingkan eWOM di OTA dengan menggunakan determinan eWOM. Data dikumpulkan di antara 105 responden melalui survei yang didistribusikan antara Agustus 2023 hingga Desember 2023. Regresi linier berganda digunakan untuk mengungkap hasil signifikan yang mendukung klaim bahwa media sosial eWOM memiliki pengaruh yang lebih kuat terhadap niat membeli perjalanan konsumen dibandingkan eWOM OTA. Meskipun tiga dari empat faktor penentu terbukti mendukung klaim tersebut, risiko yang dirasakan eWOM di media sosial tidak terbukti memiliki pengaruh yang lebih kuat dibandingkan risiko yang dirasakan eWOM di OTA. Penelitian ini memberikan wawasan kepada pemasar tentang platform mana yang efektif untuk mengelola eWOM untuk strategi pemasaran mereka.