digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Rozina Hafida
PUBLIC Taupik Abidin

Masalah lingkungan terus berkembang dengan penggunaan plastik yang berlebihan, pembakaran hutan, yang secara keseluruhan mengarah pada adanya pemanasan global. Organisasi menggunakan pemasaran hijau sebagai peluang untuk menarik minat pelanggan terkait masalah lingkungan yang sedang terjadi. Tujuan dari makalah ini adalah untuk membahas dan menguji dampak dari pemasaran hijau dalam mempromosikan kesadaran lingkungan terhadap perilaku pelanggan, persepsi pelanggan tentang pemasaran hijau dan pengaruhnya terhadap branding hijau, dan faktor-faktor kunci yang mempengaruhi penerapan pemasaran hijau di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pemasaran hijau berpengaruh positif terhadap perilaku konsumen di Indonesia, persepsi konsumen Indonesia berpengaruh positif terhadap green marketing dan green branding, dan terdapat empat faktor kunci yang mempengaruhi penerapan pemasaran hijau.