digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Hee Yeon Kang
PUBLIC Taupik Abidin

Loyalitas merek penting dalam manajemen merek sesuai dengan aspek pemasaran. Dengan menerapkan loyalitas merek, merek dapat memperbesar basis pelanggannya dibandingkan pesaing lainnya. Selain itu, merek tersebut akan dapat meningkatkan keunggulan kompetitif mereka tergantung pada seberapa loyal pelanggan mereka kepada mereka. Faktanya, 68 persen pemasar dari 200 menjawab bahwa loyalitas merek membantu membuat merek menguntungkan menurut survei yang dilakukan oleh Google. Namun, membangun loyalitas merek yang kuat bukanlah hal yang mudah dilakukan. Industri kosmetik di Korea Selatan sudah sangat terkenal di dunia saat ini. Dulu, Korea tidak begitu terkenal di dunia dengan produk kosmetika. Sejak gelombang K menjadi sangat populer, berbagai kekuatan juga ditekankan oleh konsumen internasional dan lokal. Awalnya, orang Korea memiliki standar tinggi dan berpengetahuan luas tentang produk kosmetik. Terlebih lagi, sebagian besar produk kosmetik mereka multifungsi. Ini memiliki lebih banyak fungsi daripada membuat penampilan orang terlihat lebih baik. Namun, industri ini juga berjuang untuk membangun loyalitas merek di antara pelanggan karena ada banyak merek kosmetik di Korea Selatan yang terkenal. Dalam tulisan ini, penelitian ini akan menyarankan cara yang tepat untuk menerapkan loyalitas merek dalam industri kosmetik di Korea Selatan. Untuk menciptakan loyalitas merek di antara pelanggan, hal pertama yang perlu diperhatikan merek adalah memahami faktor-faktor apa saja yang paling mempengaruhi keputusan pembelian pelanggan. Dalam penelitian ini, penelitian akan melakukan survei untuk mengetahui bagaimana industri kosmetik Korea Selatan dipersepsikan oleh konsumen. Melalui itu, akan lebih mudah bagi merek untuk mengetahui cara menyampaikan nilai mereka kepada pelanggan.