digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Rana Asima Dame
PUBLIC Irwan Sofiyan

COVER Rana Asima Dame
PUBLIC Irwan Sofiyan

BAB 1 Rana Asima Dame
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Rana Asima Dame
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Rana Asima Dame
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Rana Asima Dame
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Rana Asima Dame
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 6 Rana Asima Dame
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 7 Rana Asima Dame
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 8 Rana Asima Dame
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 9 Rana Asima Dame
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 10 Rana Asima Dame
PUBLIC Neneng

PUSTAKA Rana Asima Dame
PUBLIC Irwan Sofiyan

Provinsi Jambi secara geografis letaknya sangat strategis ditengah-tengah Pulau Sumatera sehingga berpotensi untuk menjadi pusat kegiatan dengan jarak yang relatif setara ke kota-kota besar di Pulau Sumatera. Untuk merealisasikan rencana pembangunan Bandar Udara ini, perlu dilakukan perancangan dari dua sisi yaitu sisi darat (terminal penumpang) dan sisi udara (landasan pacu atau runway). Bandar Udara yang didesain ialah Sultan Thaha terletak di Kota Jambi. Tulisan ini akan membahas perancangan metoda konstruksi terminal dengan 2 lantai, pembuatan sisi udara dan lahan parkir mobil dan motor. Selain itu, akan dibahas pula estimasi biaya konstruksi, rancangan jadwal dan penerapan Sistem Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3). Bangunan terminal didesain dengan ukuran 180×75 meter yang disusun oleh pondasi tiang bor beton, rangka atap baja, bracing, kolom dan pelat komposit. Untuk menyelesaikan terminal, perlu alat yang memiliki jangkauan besar atau mobilitas tinggi seperti crane. Selain itu, untuk kenyamanan pengguna, terminal didesain dengan insulasi panas pada bagian atap. Dengan konstruksi secara bottom up, pelaksanaan konstruksi Kawasan Bandar Udara Sultan Thaha dimulai dengan terminal, kemudian secara paralel dikerjakan konstruksi sisi udara dan lahan parkir. Sisi udara terdiri dari perkerasan kaku dan lentur. Lapisan permukaan perkerasan kaku tersusun dari campuran beton, sedangkan pada permukaan perkerasan lentur tersusun dari campuran aspal panas. Adapun alat-alat berat yang digunakan, yaitu: wheel loader, dump truck, Asphalt Mixing Plant (AMP), mixer truck, asphalt paver, tandem roller, pneumatic roller dan vibratory roller. Selain itu, pekerjaan lahan parkir yang tersusun dari perkerasan kaku menggunakan alat-alat berat, yaitu: wheel loader, dump truck, vibratory roller dan mixer truck. Pekerjaan drainase pada sisi udara dan lahan parkir menggunakan alat yang sama ialah excavator untuk menggali saluran, dump truck sebagai pembawa hasil galian dan mobile crane sebagai alat angkat U-ditch. Dengan metoda pelaksanaan konstruksi tersebut, diestimasi memerlukan biaya Rp. 418.811.172.243 yang meliputi biaya langsung, SMK3, overhead, biaya tidak terduga dan pajak. Durasi pekerjaan proyek ialah 539 hari kerja atau sekitar 25 bulan. Kemudian, SMK3 yang direncanakan ialah pengadaan Alat Pelindung Diri (APD), Alat Pelindung Kerja (APK), petugas K3, program sosialisasi dan promosi program K3, penyiapan dokumen dan RK3K rambu yang diperlukan dan asuransi bagi pekerja.