digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Bertliussaza
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Bertliussaza
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Bertliussaza
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Bertliussaza
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Bertliussaza
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Bertliussaza
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

FirstVet+ adalah sebuah perusahaan dibawah naungan PT. Agra Primarindo Sejahtera. FirstVet+ bertujuan untuk menjembatani pemilik hewan serta dokter hewan agar hubungan antara kedua ini semakin erat. Selama satu tahun berjalan, FirstVet+ telah melakukan peluncuran produk yaitu pet first-aid kit dan menyelesaikan pengembangan aplikasi berbasis website. Kurangnya pemahaman tentang dunia digital dan manajemen keuangan dari FirstVet+, menyebabkan FirstVet+ kekurangan dana untuk menjalankan produk aplikasi yang telah dibuat.Masalah tersebut membuat pemilik dari FirstVet+ untuk mencari produk baru yang dapat menghasilkan pendapatan lain dan dapat bekerja selaras dengan produk yang telah dikembangkan sebelumnya. Penelitian ini dilakukan berdasarkan keinginan pemilik untuk mendapatkan produk baru. Produk baru tersebut dikembangkan berdasarkan pendtan value proposition design. Pendekatan ini menggunakan dua sisi yaitu customer profile serta value map. Customer profile diawali dengan mengindentifikasi customer persona dari FirstVet+, yang kemudian dilanjutkan dengan identifikasi pain dan gain dari partisipan melalui quisioner. Hasil dari quisioner tersebut kemudian diolah dan menjadi bahan untuk mengembangkan value map. Value map berisikan produk ataupun servis, pain reliever dan gain creator. Produk tersebut kemudian dibuatkan purwarupa dengan konsep minimum viable product dan kemudian dilukan tes kepada customer persona pada penelitian ini. Hasil tes menjadi acuan untuk mengembangkan kembali produk sebagai salah satu bentuk iterasi dalam proses build-measure-learn. Tes dari purwarupa mendapatkan hasil yaitu produk pet wellness center. Customer persona dari penelitian ini memiliki pengalaman positif pada tempat yang mirip dengan konsep produk pet wellness center. Implementasi produk juga akan menyesuaikan dengan kondisi dan keadaan akibat COVID 19. Action plan yang dibuat untuk implementasi bersifat adaptif namun tetap menjadi acuan dalam pengerjaanya.