digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

E-commerce sudah sering ditemukan di Indonesia, dengan meningkatnya popularitas marketplace dalam jaringan (daring). Lelang daring cukup langka ditemukan dalam bentuk situs-situs jual beli seperti itu, tapi kegiatan lelang tersebut dapat ditemukan di media sosial seperti Facebook dan Instagram. Menurut DilelangAja - sebuah penyedia jasa lelang daring yang sedang beroperasi di Facebook - tingkat penjualan lelang daring cukup fluktuatif, namun studi yang telah meneliti sebabnya - terutama lelang daring di Indonesia - sangat sedikit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan faktor-faktor yang mempengaruhi niat membeli pelanggan lelang daring dan menentukan solusi terbaik untuk diaplikasikan kepada DilelangAja dan jasa-jasa serupa. Kerangka dari studi ini adalah mencari tahu seberapa signifikan pengaruh variabel-variabel terkait - kualitas barang dan jasa, kenyamanan, dan kelengkapan informasi produk yang dirasakan - kepada kemudahan penggunaan dan kegunaan yang dirasakan, dan bagaimana pengaruh kedua variabel tersebut ditambah kepercayaan konsumen terhadap niat untuk membeli. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei daring yang terdiri dari pertanyaan kuantitatif dengan pilihan jawaban skala Likert. Responden dari survei ini adalah anggota-anggota berbagai komunitas hobi di Facebook dalam pasar yang sama dengan DilelangAja, dengan metode penarikan sampel judgmental non-probability . Jumlah responden dalam survei ini mencapai 150 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah Statistika deskriptif dan partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM). Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas produk dan kenyamanan yang dirasakan konsumen merupakan dua variabel independen yang paling berpengaruh terhadap niat untuk membeli melalui variabel kemudahan penggunaan dan kegunaan yang dirasakan. Rekomendasi yang diberikan kepada DilelangAja dari temuan hasil analisis adalah memfokuskan perbaikan-perbaikan di bidang kualitas barang lelang, kualitas jasa, dan kenyamanan lelang untuk konsumen. Kata kunci: e-commerce , lelang daring, DilelangAja, Facebook, niat membeli, PLS-SEM