Article Details

PENGARUH KOMUNITAS DARING DAN IKLAN DARING TERHADAP PERILAKU KONSUMEN DALAM NIAT BELI PRODUK KESEHATAN: STUDI KASUS GEA MEDICAL

Oleh   Meishelle Andriani Young [19017259]
Kontributor / Dosen Pembimbing : Ira Fachira, S.Si., M.T., Ph.D.;
Jenis Koleksi : S1-Tugas Akhir
Penerbit : Sekolah Bisnis dan Manajemen
Fakultas : Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM)
Subjek :
Kata Kunci : Komunitas Daring, Iklan Daring, Perilaku Konsumen, Minat Beli, Bisnis Produk Kesehatan, Sosial Media
Sumber :
Staf Input/Edit : Wiwik Istiyarini  
File : 1 file
Tanggal Input : 2020-05-29 13:42:37

Pertumbuhan pengguna media sosial di Indonesia meningkat dengan pesat setiap tahunnya, terutama di Instagram sebagai kanal media sosial yang paling banyak digunakan. Fenomena ini berhubungan dengan tren yang sedang populer mengenai komunitas daring dan telah dilirik oleh berbagai perusahaan, terutama GEA Medical sebagai kesempatan untuk meluaskan pasar mereka. Saat ini, GEA Medical hanya menggunakan Instagram dalam pengiklanan daring. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu bagaimana komunitas daring dan iklan daring mempengaruhi perilaku konsumen dalam niat beli. Survei dalam riset ini melibatkan 400 responden yang memenuhi kriteria dianalisa guna mencari tahu faktor-faktor yang mempengaruhi niat beli dengan hubungan diantara faktor-faktor tersebut. Model yang diusulkan kemudian dianalisa menggunakan Analisis Deskriptif dan Analisis Linear Berganda. Temuan dalam studi ini menunjukkan bahwa komunitas daring dan iklan daring secara positif mempengaruhi niat beli, dengan iklan daring yang memiliki pengaruh lebih besar. Hasil dari studi ini memperlihatkan bahwa ada 67% responden yang hanya menggunakan Instagram sebagai media sosial, dengan 54% dari total responden menggunakan media sosial lebih dari 3 jam per hari, lalu 66% responden mengikuti 1-2 akun komunitas olahraga atau kesehatan di Instagram, dengan 47% dari total responden berinteraksi satu hari sekali dengan komunitas mereka masing-masing. Hal ini juga menunjukkan bahwa faktor hedonis dari iklan daring dan faktor kepercayaan interpersonal dari komunitas daring adalah faktor yang harus diutamakan oleh para perusahaan secara menyeluruh. Selain itu, studi ini menganjurkan GEA Medical untuk menghasilkan konten promosi di Instagram yang jujur dan tidak berlebihan dengan komunitas online yang sesuai sebagai medianya. Kata kunci: Komunitas Daring, Iklan Daring, Perilaku Konsumen, Minat Beli, Bisnis Produk Kesehatan, Sosial Media

Cari