Article Details

FACTORS INFLUENCING CONSUMER ADOPTION OF E-WALLET IN E-COMMERCE TRANSACTIONS (CASE STUDY OF OVO IN TOKOPEDIA)

Oleh   Steffi Chresentia [19017146]
Kontributor / Dosen Pembimbing : Yulianto, S.Si., M.A.B., M.Sc.;
Jenis Koleksi : S1-Tugas Akhir
Penerbit : Sekolah Bisnis dan Manajemen
Fakultas : Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM)
Subjek :
Kata Kunci : Teknologi Digital, E-commerce, E-wallet, OVO, Tokopedia, Bandung, Adopsi Konsumen, Extended UTAUT2
Sumber :
Staf Input/Edit : Wiwik Istiyarini  
File : 1 file
Tanggal Input : 2020-05-28 20:53:50

Salah satu sektor bisnis potensial yang saat ini berkembang pesat di Indonesia adalah industri teknologi digital. Ketika internet menjadi alat untuk mengakses teknologi digital, orang dapat berbisnis melalui media yang disebut e-commerce. Hal ni memberikan kemudahan bagi konsumennya untuk membeli dan menjual barang dan jasa secara daring. Menurut penelitian oleh iPrice, salah satu situs e-commerce terkemuka yang mendominasi pasar Indonesia adalah Tokopedia. Sebagai e-commerce terkemuka, Tokopedia harus dapat menyediakan sistem pembayaran yang berbeda dan modern untuk digunakan secara daring. Meskipun ada banyak sistem pembayaran, e-commerce ingin menciptakan ekosistem pembayaran baru yang diharapkan dapat meningkatkan jumlah konsumen. Sistem pembayaran seperti dompet elektronik dipilih karena kenyamanan dan efisiensinya yang lebih besar. Oleh karena itu, ini adalah peluang besar bagi Tokopedia untuk menyediakan dompet elektronik bagi konsumen untuk mendapatkan keuntungan jangka panjang. Tokopedia memiliki kemitraan dengan OVO, yang merupakan perusahaan dompet elektronik paling terkenal di Indonesia. Jenis kemitraan ini memicu persaingan antara e-commerce untuk menarik lebih banyak konsumen dengan menyediakan dan mengembangkan sistem pembayaran yang ideal dan cocok. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi konsumen terhadap OVO sebagai sistem pembayaran di Tokopedia, khususnya bagi orang-orang yang berada di usia produktif dan tinggal di kota dengan jumlah pengguna dompet elektronik terbanyak di Indonesia yaitu Bandung Penelitian ini akan menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi minat penggunaan dan penggunaan aktual dengan menggunakan teori yang disebut UTAUT2 sebagai kerangka penelitian. Variabel dalam penelitian ini yang didasarkan oleh UTAUT2 adalah ekspektasi kinerja, ekspektasi kemudahan, pengaruh sosial, kondisi yang memfasilitasi, motivasi hedonis, nilai harga, dan kebiasaan. Namun, kerangka kerja UTAUT2 diperpanjang dengan menambahkan variabel yang disebut kepercayaan. Variabel-variabel ini akan diuji apakah mereka memiliki pengaruh signifikan terhadap minat penggunaan. Kemudian, pengaruh minat penggunaan akan diuji terhadap penggunaan aktual. Berdasarkan hasil, ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, nilai harga, kebiasaan, dan kepercayaan secara signifikan mempengaruhi minat penggunaan. Variabel yang memiliki pengaruh terbesar terhadap minat penggunaan adalah nilai harga. Sementara itu, minat penggunaan juga secara signifikan mempengaruhi penggunaan aktual. Oleh karena itu, para peneliti merekomendasikan OVO untuk mempertahankan sistem aplikasinya dengan mempertimbangkan manfaat, kemudahan, keamanan, dan kinerja bagi konsumen. Tokopedia harus menjaga kemitraan dengan OVO untuk meningkatkan jumlah konsumen dan meningkatkan bisnis.

Cari