digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Adelia Shafira
PUBLIC Alice Diniarti

Tingkat penggunaan kendaraan pribadi yang tinggi dibandingkan transportasi publik menyebabkan berbagai permasalahan pada perkotaan di negara berkembang seperti Indonesia. Salah satu intrumen kebijakan yang bertujuan untuk meningkatkan penggunaan transportasi publik adalah Transit Oriented Development (TOD). Sebagai acuan penerapan konsep TOD, terdapat standar dan kriteria TOD. Indonesia sudah mengeluarkan dokumen kebijakan Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang No. 16 tahun 2017 mengenai Pedoman Pengembangan Kawasan Simpul Transit. Namun, masih diperlukan pengembangan kriteria TOD dengan melibatkan stakeholder menggunakan metode Fuzzy Delphi. Pada penelitian ini, dihasilkan kriteria, indikator dan tolak ukur TOD dari hasil analisis literatur yang kemudian digunakan untuk mengumpulkan pendapat dan penilaian pakar. Hasil penilaian pakar dianalisis menggunakan metode Fuzzy Delphi yang merupakan gabungan metode Delphi dan metode Fuzzy, yang bertujuan untuk mendapatkan hasil yang lebih konsisten, error yang lebih kecil dalam satu kali screening criteria, sehingga dapat digunakan dalam pembuatan kebijakan. Hasil akhir penelitian didapatkan 10 kriteria, serta 13 indikator dan tolak ukur yang dianggap sesuai untuk kawasan TOD, dengan penjelasan pertimbangan dieliminasi dan dipilihnya kriteria, indikator, dan tolak ukur. Dengan mengetahui hal tersebut, penelitian ini diharapkan dapat manjadi dasar studi lanjutan perancangan kawasan transit agar sesuai dengan kriteria TOD.