ABSTRAK Jacky
Terbatas Irwan Sofiyan
» ITB
Terbatas Irwan Sofiyan
» ITB
Modul penyerap impak merupakan salah satu komponen terpenting dalam teknologi crashworthiness untuk meningkatkan keselamatan transportasi yang berfungsi.menyerap energi melalui proses deformasi plastis dari struktur modul. Dengan adanya modul penyerap impak, gaya impak terhadap struktur utama dapat dibatasi sehingga efek terhadap penumpang dapat diminimalisir. Saat ini telah dikembangkan modul penyerap impak expansion tube-axial splitting yang merupakan penggabungan dari tipe expansion dan axial splitting. Modul dengan tipe ini diharapkan dapat menggabungkan kelebihan dari keduanya karena memiliki kemampuan penyerapan energi yang lebih maksimal dan respon gaya yang lebih stabil.
Simulasi dan pengujian modul penyerap impak expansion tube-axial splitting skala lapangan telah dilakukan. Simulasi dilakukan dengan memvariasikan tebal, diameter dalam, dan diameter pembesaran pipa. Pengujian dilakukan dengan menabrakkan IDS (Impact Delivery System) terhadap spesimen yang terletak pada dinding. Hasil pengujian diperoleh menggunakan loadcell dan sensor laser untuk memperoleh kurva gaya-perpindahan. Koefisien gesek pada pengujian ini tidak diketahui sehingga dilakukan validasi melalui simulasi.
Berdasarkan simulasi, nilai energi spesifik tertinggi yang dicapai adalah sebesar 58,5 kJ/kg. Hasil simulasi kemudian dibandingkan dengan hasil pengujian dengan perbedaan gaya rata-rata 1,47%, gaya puncak 6,09%, dan energi absolut 27,27%.
Perpustakaan Digital ITB