digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Adi Wiratama Banjarnahor
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Adi Wiratama Banjarnahor
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Adi Wiratama Banjarnahor
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Adi Wiratama Banjarnahor
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Adi Wiratama Banjarnahor
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Adi Wiratama Banjarnahor
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

Mandiri Jaya Kontraktor adalah perusahaan real estate milik keluarga yang berbasis di Jakarta, Indonesia, dengan spesialisasi di bidang konstruksi dan pengembangan, didirikan pada tahun 2017 oleh Keluarga Banjarnahor. Lima belas tahun yang lalu, keluarga mulai berinvestasi tanah di sekitar Jabodetabek, dan setelah beberapa tahun, mereka menjualnya untuk menghasilkan keuntungan tanpa membuat perusahaan. Hingga akhir tahun 2017, keluarga memperluas bisnis dengan mengembangkan perumahan cluster. Dalam dua tahun, mereka telah mengembangkan dua cluster di Bekasi, Puri Indah Jatimurni dan Puri Indah Pabuaran. Di Indonesia, bisnis real estate berkembang pesat, meningkatkan daya saing di bidangnya. Meskipun perusahaan mendapatkan keuntungan, pertumbuhan penjualan Mandiri Jaya Kontraktor stagnan. Sebagai perusahaan baru di industri real estate, perusahaan belum pernah mencoba menggunakan pemasaran digital atau iklan online untuk promosi. Selain itu, beberapa elemen bisnis dapat dianalisis dan diimplementasikan untuk meningkatkan pertumbuhan penjualan, termasuk strategi pemasaran yang sesuai dengan situasi dan teknologi saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor internal dan eksternal yang diterapkan dalam strategi Puri Indah Jatimurni dan Puri Indah Pabuaran. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui strategi penjualan yang paling cocok untuk Mandiri Jaya Kontraktor. Penulis menggunakan PESTEL, Porter Five Forces, Analisis Kompetitif, dan Analisis Konsumen untuk analisis eksternal. Penulis menggunakan VRIO, Resource-Based View, Porter Value Chain, Internal Interview, STV & 4P, dan Current Business Model Canvas untuk analisis internal.