digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Aditya Faisal Masud
Terbatas Irwan Sofiyan
» ITB

COVER Aditya Faisal Masud
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 1 Aditya Faisal Masud
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Aditya Faisal Masud
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Aditya Faisal Masud
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Aditya Faisal Masud
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Aditya Faisal Masud
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 6 Aditya Faisal Masud
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 7 Aditya Faisal Masud
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 8 Aditya Faisal Masud
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 9 Aditya Faisal Masud
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA Aditya Faisal Masud
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

Akses menuju Pulau Bunyu hanya tersedia melalui jalur laut, namun Pulau Bunyu tidak memiliki pelabuhan sendiri yang digunakan untuk transportasi laut. Selama ini masyarakat Pulau Bunyu masih menggunakan pelabuhan yang dimiliki oleh PT Pertamina Bunyu EP Field. Seiring berjalannya waktu dermaga milik PT Pertamina mengalami kerusakan yang disebabkan frekuensi kapal yang berlabuh disana. Oleh karena itu diperlukan pelabuhan yang dapat menangani aktivitas masyarakat Pulau Bunyu. Pada studi kasus Tugas Akhir mengenai Perancangan Struktur Dermaga Kargo Tipe Deck on Pile di Pelabuhan Bunyu, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara akan dibahas mengenai desain struktur dermaga dan trestle berdasarkan kriteria desain yang digunakan sebagai syarat perencanaan struktur dengan mempertimbangkan kondisi eksisting pada lokasi studi. Tugas Akhir mencakup, dimensi dermaga dan trestle, pemodelan struktur, desain penulangan struktur, dan perhitungan daya dukung tanah Pemodelan struktur dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak SAP2000 untuk mengetahui kehandalan struktur rencana terhadap beban yang bekerja pada struktur. Hasil dari pemodelan ini berupa nilai UCR (Unity Check Ratio), defleksi struktur, gaya dalam balok dan pelat, serta reaksi perletakan. Pemeriksaan nilai UCR dilakukan sebagai acuan desain struktur yang handal dan optimal dengan nilai berada pada rentang 0.5 hingga 1.0. Pemeriksaan nilai defleksi dilakukan sebagai aspek kemapulayanan struktur dengan nilai harus di bawah batas izin. Sedangkan pemeriksaan nilai rasio tulangan dilakukan untuk menentukan luas penampang optimal. Hasil dari Tugas Akhir meliputi, rancangan dermaga dan trestle yang meliputi dimensi struktur dan dimensi elemen struktural, detail penulangan berdasarkan gaya dalam yang bekerja, serta kedalaman rencana pemancangan yang mampu menahan reaksi struktur berdasarkan data geoteknik.