digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Shabrina Nur Amalina
PUBLIC Dewi Supryati

Edulab merupakan perusahaan penyedia jasa konsultasi pendidikan dengan salah satu lini bisnis kafe dan coworking space bernama Eduplex. Seiring perjalanan bisnis coworking space Eduplex, terdapat beberapa kondisi yang tidak sesuai dengan rencana, diantaranya terjadi pergeseran segmen pelanggan coworking space yang awalnya ditargetkan untuk pelanggan umum menjadi pelanggan dari kelompok pelajar dan mahasiswa, terdapat bulan-bulan di mana perolehan pendapatan lebih kecil dibandingkan biaya operasional, serta rendahnya occupancy rate dari nilai target sebesar 60%, sedangkan ruang yang ada masih berpotensi untuk diutilisasi. Beberapa strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan permintaan agar kapasitas yang ada terutilisasi dengan optimal adalah mengedukasi pelanggan mengenai keuntungan penggunaan produk, membuat variasi penawaran dan melakukan diferensiasi pada harga produk. Produk dan harga merupakan bauran pemasaran Eduplex yang berhubungan dengan strategi tersebut, sehingga dilakukan upaya peningkatan pendapatan melalui perancangan paket coworking space berdasarkan preferensi target pasar. Berdasarkan pengolahan data pilihan menggunakan analisis choice-based conjoint dengan metode estimasi hierarchical Bayes, diperoleh nilai part-worth tiap individu sebagai preferensi terhadap alternatif paket coworking space. Nilai part-worth tersebut digunakan sebagai dasar pembentukan segmen pasar menggunakan analisis cluster. Alternatif rancangan paket coworking space dibuat berdasarkan preferensi masing-masing cluster. Selanjutnya simulasi konjoin dilakukan untuk memperoleh persentase pangsa pasar dari tiap paket pada alternatif rancangan yang dibentuk. Hasil dari simulasi konjoin tersebut kemudian dapat digunakan untuk menganalisis dampak dari alternatif rancangan paket yang direkomendasikan dengan menghitung estimasi jumlah paket yang terjual. Rekomendasi yang diberikan kepada Eduplex merupakan alternatif rancangan yang memiliki persentase kenaikan pendapatan paling tinggi. Paket coworking space yang direkomendasikan adalah paket walk-in, daily, flex 3 days, weekly, dan monthly dengan tingkatan harga rendah yang dibangun berdasarkan preferensi dari tiga cluster yang terbentuk. Penambahan bentuk paket baru flex 3 days dapat menggeser preferensi responden dari paket dengan durasi pendek ke paket dengan durasi yang lebih panjang. Rekomendasi paket yang diberikan juga menghasilkan dampak finansial pada Eduplex yaitu estimasi persentase kenaikan pendapatan sebesar 32,43% dari paket yang ada saat ini.